SITI, TRI FADILLAH (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 2 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam konteks pendidikan, pengertian mutu pada konteks hasil pembelajaran yang mengacu pada prestasi yang telah dicapai oleh siswa siswa disekolah. Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui perencanaan mutu pembelajaran, pelaksanaan mutu pembelajaran dan evaluasi/penilaian hasil pembelajaran. Jika dilihat dari prestasi akademik dan non-akademik siswa MTs Negeri 2 Lampung Selatan tergolong baik. Penelitian ini adalah diskripsi kualitatif teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Manajemen Mutu Pembelajaran Dalam Meningkatakan Prestasi Belajar Siswa di MTs Negeri 2 Lampung Selatan dengan mutu pembelajaran di perencanaan didalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan terencana program�program sekolah seperti: kelas unggul, pembelajaran menggunakan IT, menambah mata pelajaran menggunakan metode pesantren dan belajar kitab-kitab klasik. Guru juga sudah membuat membuat silabus pembelajaran, RPP sesuai dengan kurikulum yang di tetapkan serta menyiapkan perangkat pembelajara lainnya. Dalam pelaksanaan programnya MTs Negeri 2 Lampung Selatan telah menjalankan program tersebut sejak 2019 yang bertujuan agar siswa dan siswi mampu berdaya saing baik di bidang akademik dan non akademik yang menjadikan siswa menjadi berprestasi. Dari evaluasi/penilaian hasil program mutu pembelajaran di MTs Negeri 2 Lampung Selatan dilakukan secara berkala baik dari penilaian saat selesai pembelajaran atau ditengah-tengah pembelajaran bisa langsung dilaksankan evaluasi, dengan penilaian tersebut guru dan kepala sekolah dapat mengevaluasi perkembangan program dan pembelajaran peserta didik dan evaluasi/penilaian hasil siswa yaitu dengan sudah melaksanakan berbagai penilaian Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS) dan ujian sekolah untuk mencapai kelulusan yang siap melanjutkan sekolah sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sesuai dengan prestasi yang dicapai. Pelaksanaan program yang dilaksanakan dan diakhiri dengan evaluasi secara berkala untuk terus iii selalu menilai bahwa program layak untuk dilanjutkan dan ditingkatkan menjadi lebih baik. Kata kunci: Manajemen Mutu Pembelajaran, Prestasi belajar Siswa iv ABSTRACT In the context of education, the notion of quality in the context of learning outcomes refers to the achievements that have been achieved by students at school. The purpose of this research is to know the planning of learning quality, implementation of learning quality and evaluation/assessment of learning outcomes. When viewed from the academic and non-academic achievements of students at MTs Negeri 2 South Lampung, they are classified as good. This research is a qualitative description of data collection techniques by means of interviews, documentation. The data obtained were analyzed by data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions, while the data validity test was carried out with persistence and observation and triangulation. The triangulation used in this study is source triangulation. From the results of research and discussion, the following conclusions are obtained: Quality Management of Learning in Improving Student Achievement at MTs Negeri 2 South Lampung with the quality of learning in planning in improving the quality of learning is planned school programs such as: superior class, learning using IT, adding subjects using the pesantren method and studying classical books. The teacher has also made a learning syllabus, lesson plans in accordance with the established curriculum and prepared other learning tools. In the implementation of the program, MTs Negeri 2 South Lampung has been running the program since 2019 which aims to make students able to compete in both academic and non-academic fields which makes students excel. From the evaluation/assessment of the results of the learning quality program at MTs Negeri 2 Lampung Selatan, it is carried out regularly, both from the assessment when the learning is finished or in the middle of learning, an evaluation can be carried out directly, with this assessment, teachers and school principals can evaluate program developments and student learning and evaluation. /assessment of student results, namely by having carried out various Mid-Semester Examinations (UTS), Final Semester Examinations (UAS) and school exams to achieve graduation who are ready to continue school in accordance with the talents and interests of students in accordance with the achievements achieved. The implementation of the program is carried out and ends with periodic evaluations to continuously assess that the program is worthy of being continued and improved for the better. Keywords: Learning Quality Management, Student Achievement
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 03:26 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 03:26 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22238 |
Actions (login required)
View Item |