MENGEMBANGKAN KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN APE ABACUS DI SD NEGERI 2 MUARA AMAN

SINDI, NABILA ANGGRAINI (2022) MENGEMBANGKAN KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN APE ABACUS DI SD NEGERI 2 MUARA AMAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SINDI NABILA ANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK MENGEMBANGKAN KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN APE ABACUS DI SD NEGERI 2 MUARA AMAN Belajar mengenal angka atau konsep bilangan bisa dilakukan anak dengan cara menghitung benda. Angka bisa membuat anak lebih cepat menggunakan polah pikirnya. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dimana siswa yang kemampuan kognitifnya rendah kurang memperhatikan penjelasan dari Peneliti. Dengan adanya pembelajaran tentang berhitung maka di perlukan alat untuk membantu anak dalam memahami pembelajaran dengan cepat yaitu APE ( Alat Permainan Edukatif). Disini peneliti menggunakan APE abacus sebagai APE untuk membantu mengoptimalisasikan Konsep Bilangan pada anak. Dengan diadakan penelitian ini memiliki tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah kemampuan berhitung anak dapat dioptimalisasikan menggunakan APE Abacus di SD Negeri 2 Muara Aman. Penelitian ini menggunkan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PSD ) Atau penelitian (Action Research ( CAR ), Subjekdalam penelitian ini adalah anak yang berjumlah 23 orang anak, dan Peneliti yang mengajar di SD Negeri 2 Muara Aman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi.Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa perkembangan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini dapat di bantu dengan APE abacus sebagai alat bantu berhitung dan mengenal angka. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian siklus II yang menunjukan bahwa perkembangan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini sudah mencapai kriteria perkembangan yang diharapkan yaitu SB( Sangat Baik). Hal tersebut juga dapat dilihat saat proses kegiataan pembelajaran menggunakan APE abacus,, anak sudah dapat berhitung serta mengenal angka dengan iii baik. Hal ini terlihat dari hasil observasi anak di siklus II yang sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari hasil siklus I yang memiliki persentase sebagai berikut ada 4,35 % anak yang termasuk dalam kategori K( kurang ), 56,52 % anak yang masuk dalam kategori C( Cukup ), dan 39,13 % anak yang masuk dalam kategori B( Baik ). Dari hasil siklus I mengalami perubahan yang lebih signifikan yaitu terjadi pada siklus II yaitu sebagai berikut: ada 17,39 % anak yang masuk dalam kategori C( cukup ), ada 52, 18 % yang masuk dalam kategori B( baik ), dan ada 30,43 % yang masuk dalam kategori SB ( Sangat Baik). Kata Kunci : Konsep Bilangan , APE Abacus iv ABSTRACT Learning to recognize numbers or number concepts can be done by children by counting objects. Numbers can make children use their mindset faster. One of the causes of low student learning outcomes in learning mathematics where students with low cognitive abilities pay less attention to explanations from researchers. With learning about counting, a tool is needed to help children understand learning quickly, namely APE (Educational Game Tool). Here, researchers use APE abacus as APE to help optimize the concept of numbers in children. By conducting this research, the research objective is to find out whether children's numeracy skills can be optimized using APE Abacus at SD Negeri 2 Muara Aman. This research uses Classroom Action Research (CAR) or Action Research (CAR) methods, the subjects in this study were 23 children, and researchers who teach at SD Negeri 2 Muara Aman. Data collection techniques in this study used interview techniques. ,observation and documentation.Data analysis using data reduction, data presentation, conclusion or verification.To test the validity of the data the researcher uses source triangulation techniques. Based on the results of the research that has been done, it is known that the development of the ability to recognize numbers in early childhood can be assisted with the APE abacus as a tool for counting and recognizing numbers. This can be seen from the results of the second cycle of assessment which shows that the development of the ability to recognize numbers in early childhood has reached the expected development criteria, namely SB (Very Good). This can also be seen during the process of learning activities using APE abacus, children can count and recognize numbers well. This can be seen from the results of observations of children in cycle II who have experienced significant development from the results of cycle I which have the following percentages, there are 4.35% of children who fall into category K (less), 56.52% of children who fall into category C (Enough), and 39.13% of children who fall into category B (Good). From the results of the first cycle, there were more significant changes that occurred in the second cycle, namely as follows: there were v 17.39% of children who were included in category C (enough), there were 52, 18% who were included in category B (good), and there were 30 ,43% which fall into the category of SB (Very Good). Keywords: Number Concept, Abacus APE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:26
Last Modified: 16 Dec 2022 03:26
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22145

Actions (login required)

View Item View Item