SEKTA, AMBARINI (2022) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 KURIPAN KOTA AGUNG TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 KURIPAN KOTA AGUNG TANGGAMUS Oleh : SEKTA AMBARINI Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kendala proses pembelajaran IPA antara lain proses pembelajaran IPA yang masih menerapkkan metode pembelajaran teacher center, pembelajaran yang kurang menarik, dan kurang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, dan masih rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada materi IPA. Pada penelitian ini sampel yang digunakan berjumlah 57 peserta didik dengan penjabaran 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen atau kelas IV A yang menerapkan metode hypnoteaching, sedangkan 30 peserta didik sebagai kelas kontrol atau kelas IV B yang menerapkan metode teacher center. Penelitian ini memeliki permasalahan yang akan diteliti yaitu kurangnya pemahaman konsep mata pelajaran IPA peserta didik kelas IV yang mengakibatkan nilai mata pelajaran IPA sebagain besar mendapatkan nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran Hypnoteaching terhadap pemahaman konsep mata pelajaran IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Kuripan Kota Agung Tanggamus. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment Design. Quasi Eksperimen Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data untuk pemahaman konsep IPA berupa pre-test dan post-test kemudian di analisis dengan uji-t, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Hypnoteaching terhadap pemahaman konsep mata pelajaran IPA peserta didik. Hal ini dibuktikan dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis data uji Anova yaitu uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh taraf signifikan (sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa ditolak dan diterima pada penelitian ini. Artinya pembelajaran menggunakan Metode Hypnoteaching ini sangat berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV di SD Negeri 4 Kuripan Kota Agung Tanggamus yang dimana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Kata Kunci : Hypnoteaching, Pemahaman Konsep iv ABSTRACT THE EFFECT OF HYPNOTEACHING METHODS ON THE UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF IPA LESSONS FOR CLASS IV STUDENTS SD NEGERI 4 KURIPAN KOTA AGUNG TANGGAMUS By : SEKTA AMBARINI This research is motivated by the existence of several obstacles to the science learning process, including the science learning process which still applies the teacher center learning method, learning that is less interesting, and less related to everyday life, and students' low understanding of concepts in science material. In this study, the sample used was 57 students with a description of 27 students as the experimental class or class IV A which applied the hypnoteaching method, while 30 students were used as the control class or class IV B which applied the teacher center method. This study has a problem that will be examined, namely the lack of understanding of the concept of science subjects in class IV students which results in the scores of science subjects mostly getting grades below the KKM. The purpose of this study was to determine the effect of the Hypnoteaching learning method on understanding the concept of the science subject in class IV SD Negeri 4 Kuripan Kota Agung Tanggamus. The type of experimental research used in this research is Quasi Experiment Design. The Quasi Experiment Design used in this study is the Nonequivalent Control Group Design. Data collection techniques for understanding the concept of natural science in the form of a pre-test and post-test were then analyzed with the t-test, previously the data was tested for prerequisites with normality tests and homogeneity tests. The results of this study indicate that there is an influence of the Hypnoteaching method on students' understanding of science subject concepts. This is proven in testing the hypothesis using the Anova test data analysis, namely the paired sample t-test. Based on the results of data analysis, a significant level (sig) <0.05 was obtained, namely 0.000 <0.05 which indicated that H0 was rejected and H1 was accepted in this study. This means that learning using the Hypnoteaching Method greatly influences the understanding of the science concept of fourth grade students at SD Negeri 4 Kuripan, Kota Agung Tanggamus, where there is a significant difference between the experimental class and the control class. Keywords : Hypnoteaching, Concept Understanding
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 02:50 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 02:50 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22137 |
Actions (login required)
View Item |