ELA, PUTRI ANGGARA WATI (2022) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (GURU) DI SMP MUHAMMADIYAH 3 NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK SMP Muhammadiyah 3 Natar, kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan dalam upaya mengembangkan sumber daya guru kepala sekolah selalu memperhatikan, mengupayakan, memberikan dorongan dan arahan tentang pentingnya mengembangankan kompetensi yang dimiliki sebagai guru. Ketentuan ini pun sudah tertera didalam Undang-undang tentang pentingnya pengembangan guru, seperti sertifikasi, pelatihan, supervisi, MGMP, symposium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen sumber daya guru di SMP Muhammadiyah 3 Natar Kec. Natar Kab. Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan model penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunaan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian lapangan menunjukkan pelaksanaan pengembangan sumber daya guru di SMP Muhammadiyah 3 Natat Kec. Natar Kab. Lampung Selatan sudah dilaksanakan dengan cukup baik dilihat dari 5 program pengembangan guru yang mesti dilakukan dalam mengembangkan kompetensi guru yakni: sertifikasi, pelatihan, supervisi, MGMP, simposium. Pengembangan sumber daya guru diawali dari sertifikasi sebagai bentuk pengakuan terhadap profesionalisme guru. Pelatihan yang diikuti dalam bentuk pendidikan dan pelatihan, dan juga workshop. Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sebagai bentuk pembinaan terhadap kinerja guru. MGMP yang dilaksanakan dalam bentuk suatu forum diskusi dari berbagai lembaga pendidikan. Kemudian simposium yang pelaksanaannya seperti halnya pelatihan yang terakhir adalah pelatihan yang dilaksanakan dalam bentuk observasi dan evaluasi. Kata kunci: Sumber Daya Guru iii ABSTRACT SMP Muhammadiyah 3 Natar, Natar sub-district, South Lampung Regency in an effort to develop teacher resources, the principal always pays attention to, seeks, provides encouragement and direction about the importance of developing competencies possessed as teachers. This provision has also been stated in the law regarding the importance of teacher development, such as certification, training, supervision, MGMP, symposiums. This study aims to determine how the implementation of teacher resource management in SMP Muhammadiyah 3 Natar Kec. Natar Kab. South Lampung. This study uses a descriptive qualitative field research model. The method used is observation, interview, documentation and triangulation. Data analysis uses an inductive approach. The results of the field research show that the implementation of teacher resource development in SMP Muhammadiyah 3 Natat Kec. Natar Kab. South Lampung has been implemented quite well, seen from the 5 teacher development programs that must be carried out in developing teacher competencies, namely: certification, training, supervision, MGMP, symposium. The development of teacher resources begins with certification as a form of recognition of teacher professionalism. The training followed in the form of education and training, as well as workshops. Supervision carried out by school principals and supervisors as a form of guidance on teacher performance. The MGMP is carried out in the form of a discussion forum from various educational institutions. Then the symposium whose implementation is similar to the last training is training which is carried out in the form of observation and evaluation. Keywords: Teacher Resources
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 08:05 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 08:05 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22075 |
Actions (login required)
View Item |