MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MA MA’ARIF KEPUTRAN PRINGSEWU

MUALLIFATUL, KHOERIYAH (2022) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MA MA’ARIF KEPUTRAN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUALLIFATUL KHOERIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen hubungan masyarakat merupakan adalah satu divisi didalam sebuah lembaga pendidikan, yang harus dimiliki oleh suatu lembaga untuk mengelola berbagai aktivitas lembaga yang berhubungan baik dengan masyarakat, berusaha menanamkan pengertian warga masyarakat internal dan eksternal tentang kebutuhan dari karya pendidikan serta pendorong minat dan tanggung jawab masyarakat dalam usaha memajukan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan langkah-langkah yang digunakan manajemen humas dalam meningkatkan mutu madrasah yang berupa mendefinisikan problem, perencanaan, implementasi program dan komunikasi, dan penilaian program manajemen humas. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yakni Kepala Madrasah, Waka Humas, Waka Sarpras peserta didik, dan masyarakat. Objek penelitian ini di MA Ma‟arif Keputran Kabupaten Pringsewu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitiannya, antara lain: (1) Defining public relation problem untuk mengumpulkan, menganalisis, serta menafsirkan masalah yang berkaitan dengan hubungan masyarakat baik eksternal maupun internal sehingga dapat diketahui cara untuk mengatasinya. Dalam tahap ini, seluruh pihak dilibatkan untuk mendapatkan informasi yang benar-benar sesuai dengan keadaan yang ada. Selanjutnya hasil akhir dari mendefinisikan problem ini akan dijadikan sebagai acuan atau dasar dalam membuat perencanaan program humas selanjutnya. (2) perencanaan hubungan masyarakat di MA Ma‟arif Keputran melibatkan banyak pihak untuk rapat bersama diantaranya: Waka Humas, Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Pembina Ekstrakulikuler, Guru dan juga Komite Madrasah. Hasil rapat diperoleh dengan kesepakatan dan pertimbangan bersama seluruh pihak yang telah disebutkan tadi. Jadi, perencanaan disusun dengan matang dan disetujui oleh seluruh pihak yang berwenang sehingga dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan program kerja hubungan masyarakat. (3) Dalam pelaksanaan program humas, seluruh pihak ikut dilibatkan agar dapat bekerjasama dengan baik. Agar pelaksanaan dapat maksimal, strategi yang dilaksanakan MA Ma‟arif keputran antara lain: komunikasi iii dengan berbagai pihak, publikasi dan promosi, serta sosialisasi ke SMP/MTs. Komunikasi dalam pelaksanaan manajemen humas dilakukan dengan memenuhi lima komponen utama komunikasi yakni: komunikator, pesan, media, penerima pesan, dan pengaruh. Komunikasi dan hubungan baik yang terjalin oleh seluruh pihak akan memudahkan dalam mengatasi kendala yang terjadi. (4) Evaluasi dilakukan mencakup seluruh proses. Dalam manajemen hubungan masyarakat di MA Ma‟arif Keputran, evaluasi dilakukan dengan rapat bersama dan dengan adanya laporan program kegiatan. program kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh pihak humas telah terbukti berhasil dengan adanya berbagai penghargaan dan prestasi atas program yang telah dilaksanakan selama ini. Kata kunci: Manajemen Hubungan Masyarakat, Mutu Madrasah iv ABSTRACT Public relations management is a division within an educational institution, which an institution must own to manage various institutional activities that are in good contact with the community, trying to instill an understanding of internal and external community members about the needs of educational work and encourage community interest and responsibility to advance schools. This study aims to describe the steps used by public relations management in improving the quality of madrasahs by defining problems, planning, program implementation and communication, and assessment of public relations management programs. This study uses the analysis description method with a qualitative descriptive approach. These research subjects were the Head of Madrasah, deputy head of public relations, deputy head of facilities and infrastructure, students, and the community. The object of this study was in MA Ma'arif Keputran, Pringsewu Regency. Data collection techniques use interviews, observations, and documentation. Test the validity of the data by using source triangulation and triangulation techniques. The results of his research include: (1) Defining public relations problems to collect, analyze, and interpret problems related to public relations both externally and internally so that ways to overcome them can be known. In this stage, all parties are involved in obtaining information that is absolutely by the existing circumstances. Furthermore, the final result of defining this problem will be used as a reference or basis for planning the following public relations program. (2) public relations planning at MA Ma'arif Keputran involves many parties for joint meetings, including the deputy head of public relations, deputy head of curriculum, Head of Madrasah, deputy head of Student Affairs, Extracurricular Coaches, Teachers, and also the Madrasah Committee. The meeting results were obtained by mutual agreement and consideration of all parties mentioned earlier. So, all authorities carefully prepare and approve the planning to be used as a guideline in implementing public relations work programs. (3) In implementing the public relations program, all parties are involved to cooperate correctly. For the implementation to be maximized, the strategies implemented by MA Ma'arif include communication with various parties, publications, and promotions, as well as socialization in junior high schools. Communication in v implementing public relations management is carried out by fulfilling five main components of communication: communicators, messages, media, message recipients, and influence. Communication and good relations established by all parties will make it easier to overcome obstacles that occur. (4) The evaluation is carried out, covering the entire process. In public relations management at MA Ma'arif Keputran, evaluation is carried out by joint meetings and with reports on activity programs. The activity program that the public relations party has implemented has proven successful with various awards and achievements for the programs that have been implemented so far. Keywords: Public Relations Management, Madrasah Quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:02
Last Modified: 06 Dec 2022 03:02
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21929

Actions (login required)

View Item View Item