Ariyani, Farida (2017) Manajemen program layanan bimbingan konseling di Mts negeri 1 tulang bawang. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (14kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (96kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (216kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (45kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (190kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (18kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (21kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan program bimbingan dan konseling memegang peranan penting dalam menunjang proses belajar mengajar di Sekolah. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di Sekolah menjadi pengarah terhadap minat peserta didik di sekolah dalam menghadapi masalah di zaman modern yang sangat penuh dengan tantangan. Akan tetapi, keberhasilan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah, tidak hanya bergantung pada kemampuan konselor atau guru BKnya saja, melainkan juga tergantung pada kerjasama yang baik dari semua pihak yang ada di Sekolah itu sendiri. Dari pihak-pihak tersebut diharapkan dukungan dan kerjasama untuk mensukseskan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di Sekolah demi kelancaran proses belajar mengajar dan tercapainya tujuan pendidikan. Untuk itu agar tercapai efektifitas dan efisien sebuah tujuan yang direncanakan dalam hal ini adalah program bimbingan dan konseling, maka diperlukan manajemen yang berkualitas pula. MTs. Negeri 1 Tulang Bawang sebagai lembaga pendidikan memiliki 2 orang Guru BK yang salahsatunya bukan berlatar belakang dari BK, kemudian intensitas pelanggaran yang cukup tinggi, hal ini merupakan permasalahan yang ada di MTs. Negeri 1 Tulang Bawang yang harus dikaji dan dicarikan solusinya. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui program layanan bimbingan konseling yang ada di MTs. Negeri 1 Tulang Bawang ditinjau dari fungsi manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di MTs. Negeri 1 Tulang Bawang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Sumber data pada penelitian ini Kepala Sekolah, Guru BK, Wali Kelas, dan Peserta Didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan program bimbingan dan konseling di MTs. Negeri 1 Tulang bawang sudah baik, meliputi 3 tahapan; a) Penyusunan program kegiatan yang terdiri dari penentuan tujuan, penyusunan bentuk program seperti program tahunan, bulanan dan harian, b)Penyusunan personel, dilakukan agar pelaksanaan program BK dapat berjalan dengan baik, sehingga tidak terjadi tumpang tindih tanggung jawab dan tugas. c) Penyediaan Fasilitas yang diperlukan meliputi; Ruang bimbingan dan Alat perlengkapan ruangan, terdiri dari : Tempat penyimpanan data dan Papan tulis dan papan pengumuman. 2) Pelaksanaan Bimbingan Konseling di MTs. Negeri 1 Tulang Bawang kurang baik, ada beberapa bimbingan dan layanan yang belum maksimal dilaksanakan, hal ini sebabkan oleh 3 hal yaitu a) Tidak liniernya latar belakang pendidikan Guru BK sehingga pelayan yang dilakukan kurang maksimal, b) Kurangnya sosialisasi program BK, dan c) Keterbatasan waktu. 3) Evaluasi yang dilakukan belum baik, karena belum bisa mengukur secara tepat efektifitas program BK yang dilaksanakan, dan belum adanya design evaluasi yang jelas menjadi faktor yang utama dalam sulitya mengukur keberhasilan program.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:39 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 08:39 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2154 |
Actions (login required)
View Item |