Rohman, Samsu (2017) KEPEMIMPINAN KEPALAMADRASAH ALIYAH MA’ARIF 04 DARUL RAHMAN SUKARAJA LAMPUNG TIMUR. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() Preview |
PDF
Download (103kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (137kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (174kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (148kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (22kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (21kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (27kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (18kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (52kB) | Preview |
Abstract
Dalam menjalankan roda kepemimpinannya maka pemimpin harus memiliki beberapa kemampuan; mengambil keputusan, memotifasi, komunikasi, mengendalikan bawahan, Tanggungjawab, mengendalikan Emosional. Dari hasil pra survey yang penulis lakukan di Madrasah Aliyah Ma’arif 04 Darul Rahman Sukaraja Lampung Timur, memberikan gambaran, bahwa pemimpin madrasah memiliki beberapa kemampuan yang telah dilaksanakan secara efektif dan efesien, sehingga berdampak terhadap kemajuan madrasah. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Ma’arif 04 Darul Rahman Sukaraja Lampung Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Ma’arif 04 Darul Rahman Sukaraja Lampung Timur?”. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dalam análisis datanya digunakan analisa deskriftif kualitatif yaitu análisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam kontekter tentu) serta menggambar kanapa adanya mengenai objek yang diteliti. Adapun langkahlangkah dalam análisis data yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data dan uji keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi data sumber. Berdasarkan hasil analisa data dalam pembahasan Tesis ini dapat diketahui bahwa kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Ma’arif 04 Darul Rahman sukaraja Lampung timur(1) di dalam pengambilan sebuah keputusan kepala madrasah tidak hanya sepihak, akan tetapi mempertimbangkan besar kecilnya efek yang diakibatkan dari keputusan tersebut, (2) dalam memotivasi, kepala madrasah memberikan anjuran untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di luar seperti Workshop, Diskusi, Seminar yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu yang ada kaitannya tentang peningkatan kompetensi sebagai guru / pendidik.(3). Dalam komunikasi, kepala madrasah melakukan (2) tipe komunikasi yaitu Top – Down dan Bottom – Up, artinya komunikasi dari atasan kebawahan dan dari bawahan keatasan,.(4) Dalam mengedalikan bawahan, kepala madrasah tak jarang melakukan tindakan dengan nada yang tegas bahkan memberikan tindakan tegas kepada bawahannya yang tidak mengikuti peraturan dan program yang sudah di sepakati atau dibuat, agar tugas-tugas bisa terselesaikan dengan baik.(5) Tanggungjawab yang dibebankan oleh pemimpin lebih besar dibandingkan dengan bawahnya, hal ini terlihat dari apa yang dilakukan oleh kepala madrasah yaitu sebagai kepala madrasah (pemimpin), ia telah bertanggungjawab terhadap apapun problematika yang terjadi di madrasah. (6) Dalam mengendalikan Emosi, sebagai kepala madrasah, ia selalu melakukan Tabayyun (meminta penjelaskan/diskusi), bila terjadi suatu masalah atau tidak sesuai dengan kehendaknya, ia tidak melakukan tindakan yang anarkis dan emosional. Dari keenam kemampuan yang harus dimiliki kepala madrasah sebagai seorang pemimpin, yang menonjol yang nampak dari kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Ma’arif 04 Darul Rahman Sukaraja Lampung Timur adalah dalam kemampuan komunikasi dan tanggungjawab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 04:39 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 04:43 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |