ROBIATUN, NAFI’AH (2022) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 3 SEGALA MIDER BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (8MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 3 Segala Mider Bandar Lampung. Mengingat minimya penggunaan metode yang sesuai dan relevan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experimental design dengan mengambil dua kelas yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan dijadikan kelas eksperimen. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan memberikan pre tes dan post tes kepada siswa di kedua kelas. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji hipotesis yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas control maka didapatkan nilai Sig. (ρvalue) = 0.000 < α = 0.05. yang berarti H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 3 Segala Mider Bandar Lampung. Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 04:20 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 04:20 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |