Hasnawati, Eni (2017) Implementasi supervisi akademik kepala sekolah pada taman kanak-kanak di Kecamatan Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() Preview |
PDF
Download (451kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (4MB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (43kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (334kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (353kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (147kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (300kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (64kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (67kB) | Preview |
Abstract
Kepala sekolah sebagai pemimpin dan juga supervisor pendidikan pada unit kerja Taman kanak-kanak pada dasarnya berperan membantu dan membimbing guru Untuk mencapai tujuan pendidikan yang akan dicapai, proses mempengaruhi, mendorong, membimbing dan menggerakkan para guru dan karyawan dilakukan oleh kepala sekolah. Namun dalam implementasinya seringkali kepala sekolah menghadapi kegagalan. Untuk itu penulis berusaha mengkaji dan menganalisis fenomena yang terjadi di TK AN-nur dan TK Harapan jaya di Kec. Labuhan Ratu tahun 2016. Dalam penelitian ini peulis merumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah implementasi supervisi akademik Kepala sekolah pada taman kanak-kanak di kecamatan labuhan Ratu Kota Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yang meliputi tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dalam penelitian ini, penulis mengambil lokasi di TK AN-nur dan TK Harapan jaya. Sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan berguna bagi peningkatan ilmu pembelajaran dalam hal supervisi dikalangan kepala sekolah Taman kanak-kanak , guru , karyawan di TK AN-nur dan TK Harapan jaya . Sekaligus jadi bahan masukan untuk memperkaya khazanah dunia pendidikan, serta sebagai pelengkap dalam menyelesaikan Program Pascasarjana IAIN Raden Intan Lampung. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis secara kualitatif, maka data diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Supervisi akademik yang telah dilaksanakan di TK An-nur. Dalam perencanaan kepala sekolah tidak membuat program. Dalam pelaksanaan kepala sekolah telah melakukan kunjungan kelas namun belum maksimal. Sedangkan dalam tindak lanjut, kepala sekolah tidak melkukan temuan balikan guna menguatkan guru. Beberapa temuan diatas tentunya kurang selaras terhadap konsep supervisi akademik. Dalam kaitannya supervisi akademik di TK Harapan Jaya, kepala sekolah melakukan perencanaan secara baik dibuktikan dengan program supervisi akademik. Dalam pelaksanaan kepala sekolah telah melakukan kunjungan kelas sesuai dengan jadwal. Sedangkan dalam tindak lanjut, kepala sekolah telah melakukan tindak balik guna mengandalikan program supervisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 08:04 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 08:04 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |