Mu'izz, Miftahul (2017) Implementasi pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi guru di Mts Negeri 2 Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() Preview |
PDF
Download (584kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan menghendaki peran serta semua pihak dan salah satu unsur yang penting adalah guru. Guru sebagai pelaksana pendidikan dituntut untuk meningkatkan kompetensinya, Keberadaan guru juga merupakan faktor yang sangat dominan, oleh karena itu perlu adanya upaya yang komprehensif guna meningkatkan kompetensi guru sehingga dalam mengajarnya nanti akan lebih profesional dan materi yang diajarkan dapat diterima oleh siswa dengan baik. Hal tersebut juga tidak terlepas dari dukungan instansi atau sekolah dalam mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi para guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui menganalisis kebutuhan diklat, untuk mengetahui dalam menetapkan tujuan diklat, untuk mengetahui pengembangan kurikulum diklat, untuk mengetahui persiapan pelaksanaan diklat, untuk mengetahui pelaksanaan diklat, untuk mengetahui evaluasi diklat dalam meningkatkan kompetensi guru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpuan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala madrasah dan guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dilakukan melalui melalui 6 tahapan pendidikan dan pelatihan yang meliputi yaitu; (1) analisis kebutuhan pelatihan (Taining Need Assessment), (2) menetapkan tujuan pelatihan, (3) pengembangan kurikulum, (4) persiapan pelaksanaan diklat, (5) pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, (6) evaluasi, pada dasarnya hal tersebut telah dilakukan cukup baik hanya saja terdapat kekurangan dalam hal evalusi, evaluasi diklat yang dilakukan oleh MTs Negeri 2 Bandar Lampung tidak berkesinambungan dan penyelenggaraannya hanya ditempat pelatihan saja, dan tidak disertai dengan tindak lanjut bagaimana penerapan kemampuan yang telah diperoleh dalam upaya pemanfaatan kemampuan itu benar-benar dikuasi secara profesional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 06:32 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 06:32 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |