Ruspanida, R (2017) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH (Studi Kasus Pola Komunikasi antara Kepala Sekolah dan Guru di SDN 36 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran ). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() Preview |
PDF
Download (811kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (512kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (813kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (289kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (604kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (604kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (366kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal Kepala Sekolah dengan guru secara lisan di SDN 36 Gedong Tataan 2) Untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal Kepala Sekolah dengan guru secara tulisan di SDN 36 Gedong Tataan. 3) Untuk mengetahui efektivitas pola komunikasi interpersonal kepala sekolah di SDN 36 Gedong Tataan Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data kepala sekolah, dan guru di SDN 36 Gedong Tataan. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Teknik analalis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pola komunikasi interpersonal di SDN 36 Gedong Tataan yang meliputi : (1) Pola komunikasi interpersonal Kepala Sekolah dengan guru secara lisan di SDN 36 Gedong Tataan Pola komunikasi kepala sekolah secara lisan dilakukan dengan tatap muka secara langsung dengan guru berjalan satu arah melalui tegur sapa, pengarahan langsung baik dalam rapat maupun dalam lingkungan kerja sehari-hari dalam upaya meningkatkan kinerja guru. (2) Pola komunikasi kepala sekolah secara tulisan dilakukan melalui sarana tertulis seperti surat resmi yang digunakan menginstruksikan kepada guru-guru apabila ada kegiatan rapat rutin. Selain surat resmi, komunikasi tertulis juga disampaikan menggunakan aplikasi seperti SMS, BBM dan Whatsapp. (3) Efektivitas pola komunikasi interpersonal kepala sekolah di SDN 36 Gedong Tataan. Komunikasi interpersonal yang dilakukan kepala Sekolah melalui dimensi komunikasi interpersonal yang efektif (keterbukaan, empati, dukungan, bersikap positif/kepositifan, kesamaan, audible, dan humble) sudah berjalan cukup efektif. Dari segi pelaksanaannya pola komunikasi lisan lebih efektif diterapkan. Hal ini dikarenakan pola komunikasi lisan lebih mudah dipahami, bersifat terbuka, terjadi timbal balik antara kepala sekolah sebagai penyampai komunikasi kepada guru sebagai penerima informasi. Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Kepala Sekolah, Pola Komunikasi Lisan, Pola Komunikasi Tulisan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 04:44 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 03:17 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |