PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV MIN 9 BANDAR LAMPUNG

NOVIKA, ANGGRAINI (2022) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra survey di MIN 9 Bandar Lampung diketahui bahhwa aktivitas belajar siswa masih rendah. Peneliti berupaya meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan model flipped classroom sebagai model pembelajaran. Model flipped classroom. Adapun rumusan masalah “Berdasarkan rumusan masalah maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model flippad classroom terhadap aktivitas belajar dalam pembelajaran matematika Kelas IV MIN 9 Bandar Lampung?” Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan rancangan faktorial 2 × 3. Populasi penelitian siswa seluruhnya MIN 9 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel cluster random sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji nomalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Adapun untuk hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) : α1 = α2 dimana yang berarti ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas. (2) : 1 = 2 = 3 dimana yang artinya diterima artinya tidak terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas.. (3) H0AB : (α ij = 0 dimana yang berarti H0AB dimana artinya tidak terdapat interaksi pengaruh model pembelajaran flipped model pembelajaran flipped classroom terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas. Kata Kunci : Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Aktivitas Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Min 9 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:47
Last Modified: 29 Aug 2022 02:47
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20724

Actions (login required)

View Item View Item