Rifka, Ayu Anggia (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOLISTIK INTEGRATIF DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran holistik integratif merupakan suatu proses pembentukan peserta didik secara utuh meliputi pendidikan, aspek kesehatan dan gizi AUD, aspek pengasuhan, aspek deteksi dini tumbuh kembang dan aspek perlindungan. Keterampilan sosial anak adalah bentuk perilaku, perbuatan serta sikap yang di tampilkan oleh masing-masing individu untuk berinteraksi, bergaul, berhubungan, dengan segala norma-norma dan aturan yang ada, sehingga dapat menerima dan diterima oleh lingkungan itu sendiri dengan memberi manfaat. Contohnya seperti bersikap kooperatif dengan teman, menunjukkan rasa empati, mengekspresikan emosi secara wajar, menunjukkan sikap toleran, mentaati aturan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran holistik integratif dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 1 guru dan 22 peserta didik dikelas B2 sedangkan objek penelitian ini terdiri dari masalah yang diteliti yaitu mengembangkan sosial Emosional anak melalui pembelajaran Holistik Integratif. Adapun cara pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan tekhink analisis reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran Holistik Integratif di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu sebagai berikut : (1) Mempersiapkan Perencanaan berupa pembelajaran yang menarik sesuai dengan visi, misi, dan tujuan lembaga tersebut ,(2) mempersiapkan pembelajaran yang lebih mengarah ke keagamaan , pembiasaan-pembiasaan untuk berdoa , memiliki budi pekerti dan Moral. (3) mempersiapkan kegiatan bermain yang menyenangkan dan anak bebas untuk bereksplorasi. Sedangkan dalam tahap pelaksanaanya sebagai berikut : (1) guru saling bekerjasama dan berkontribusi untuk mengarahkan kegiatan bermain dan memberikan aturan bermain supaya kondusif , (2) guru sudah memahamai dan mempelajari cara dan alat yang digunakan, biasanya akan dibagi menjadi kelompok (3) memberikan variasi dan kesempatan main tiap kelompok agar kegiatan menjadi menyenangkan dan anak mampu bekerja sama, menjalin keakraban dengan teman sebaya , tenaga pendidik maupun orang dewasa dan dapat melatih aspek kognitif, motorik, dan sosial emosionalnya. Kata Kunci: Sosial Emosional, pembelajaran Holistik Integratif iii ABSTRACT Integrative holistic learning is a process of forming students as a whole including education, aspects of AUD health and nutrition, aspects of parenting, aspects of early detection of growth and development and aspects of protection. Children's social skills are forms of behavior, actions and attitudes that are displayed by each individual to interact, associate, relate, with all existing norms and rules, so that they can be accepted and accepted by the environment itself by providing benefits. Examples include being cooperative with friends, showing empathy, expressing emotions fairly, showing tolerance, obeying the rules of the game. This study aims to describe integrative holistic learning in developing socio-emotional children aged 5-6 years in TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu. This research is descriptive qualitative with research subjects, namely 1 teacher and 22 students in class B2, while the object of this research consists of the problems studied, namely developing children's social and emotional through integrative holistic learning. The data collection methods used are: observation, interview, and documentation methods with data reduction analysis techniques, data presentation and draw conclusions. The results of the study indicate that in the planning of Holistic Integrative learning at TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu as follows: (1) Preparing Planning in the form of interesting learning in accordance with the vision, mission, and goals of the institution, (2) preparing learning that is more directed towards religion, habituation - habituation to pray, have character and morals. (3) prepare fun play activities and children are free to explore. Meanwhile, in the implementation stage as follows: (1) teachers cooperate with each other and contribute to directing play activities and provide playing rules so that they are conducive, (2) teachers have understood and learned the methods and tools used, usually will be divided into groups (3) provide variations and opportunities to play in each group so that activities are fun and children are able to work together, establish intimacy with peers, educators and adults and can train their cognitive, motoric, and social emotional aspects. Keywords: Social Emotional, Integrative Holistic learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 02:52 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 02:52 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20702 |
Actions (login required)
View Item |