MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Ana, Khoiriyah (2022) MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANA KHOIRIYAH NEW.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Kurikulum menjadi peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan sebagai pengaruh utama untuk mencapai tujuan pendidikan kedepannya agar berjalan dengan baik dan maksimal. Dalam pengaplikasian kurikulum dikembangkan di sekolah untuk menyesuaikan keadaan dan kebutuhan lingkungan, karena hal tersebut berkaitan satu sama lain didalamnya dan menjadi acuan semua pihak yang berperan dalam melaksanakan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan cara analisis data, uji keabsahan data triangulasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum dan guru agama. Objek penelitian ini adalah manajemen kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses manajemen kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Al�Azhar 3 Bandar Lampung dilakukan dengan beberapa tahap, untuk tahapan persiapan sudah terlakasana mulai dari pembuatan sk tim pengembang kurikulum, merumuskan kurikulum yang akan di pakai, menentukan sistematika yang akan di pakai sekolah, terkahir mengadakan rapat untuk tahun ajaran baru. Pada tahap implementasi kurikulum di wujudkan dalam proses kegiatan pembelajan mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaraan, dan evaluasi untuk mengetahu pengembangan kurikulum yang sesuai dan mengetahui kendala-kendala apa saja yang dialami dalam penerapan kurikulum dan dapat menjadi rekomendasi dari temuan yang ada. Kata Kunci : Manajemen Kurikulum 2013 Mutu Pembelajaran iv Abstract The curriculum plays a very important role in the world of education as the main influence to achieve future educational goals so that it runs well and maximally. In the application of the curriculum, it is developed in schools to adapt to environmental conditions and needs, because these are related to each other in it and become a reference for all parties who play a role in implementing the applicable curriculum. This study aims to describe the 2013 curriculum management in improving the quality of learning including planning, implementation, and evaluation. This study uses descriptive qualitative methods, data collection techniques by means of observation, interviews, and documentation. The subjects in this study were the principal, deputy head of the curriculum and religious teachers. The object of this research is the 2013 curriculum management in improving the quality of learning at SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. The results showed that the 2013 curriculum management process in improving the quality of learning at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung was carried out in several stages. wear school, lastly held a meeting for the new school year. Then at the implementation stage of the curriculum, it is realized in the process of learning activities starting from learning plans made with clear and structured archiving. Evaluation is carried out to find out the development of an appropriate curriculum for schools and to find out what obstacles are experienced in implementing the curriculum so that solutions can be found. Keywords: 2013 Curriculum Management in Improving of Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:05
Last Modified: 09 Aug 2022 07:05
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20428

Actions (login required)

View Item View Item