STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT SISWA BARU DI MTs GUPPI 1 BABATAN LAMPUNG SELATAN

Muammar, Fajri (2022) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT SISWA BARU DI MTs GUPPI 1 BABATAN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+5+dapus.pdf] PDF
Download (17MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran pendidikan memeiliki posisi yang sangat penting karena dunia saat ini telah memasuki zaman globalisasi, pada zaman ini semua serba maju dan canggih yang menyebabkan iklim kompetitif sudah memasuki semua lini kehidupan. Pemasaran pendidikan berguna sebagai suatu langkah dalam mengimbangi posisi pendidikan di era persaingan global. Tujuan dari pemasaran di suatu lembaga pendidikan adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang produk-produk sekolah meningkatkan minat, untuk membantu sekolah agar tetap eksis dan jumlah pelanggannya yang semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, siswa dan orang tua siswa. Sumber data penelitian, yaitu sumber data primer dan sekunder. Dalam penelitian menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang peneliti gunakan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan peneliti menggunakan uji keabsahan data atau triangulasi sumber. Hasil penelitian tentang strategi pemasaran pendidikan dalam menarik minat siswa baru : 1) produk jasa berupa reputasi yang bagus, program kegiatan akademik non-akademik maupun ekstrakurikuler. Dari program tersebut melahirkan prestasi dan lulusan yang yang telah diterima di berbagai SMA, Madrasah negeri, pondok penseatren bertaraf nasional dan Kejuruan negeri favorit. 2) Biaya pendidikan terbilang murah dibayar dalam bentuk paket tahunan. 3) Lokasi dan letak MTs GUPPI 1 Babatan sangat strategis karena dekat dengan jalan utama lintas Sumatra dan juga mudah dijangkau dengan kendara umum maupun pribadi, walaupun suara bising jalan raya mengganggu tetapi dengan kondisi sekolah yang aman dan nyaman sehingga terciptanya proses belajar yang tenang. 4) Promosi dilakukan oleh MTs GUPPI 1 Babatan Lampung Selatan yaitu dengan media cetak, media sosial, promosi yang dilakukan paraalumni. bakti sosial, dengan mengadakan acara seperti perlombaan, kegiatana keagamaan, buka iii bersama, bagi-bagi takjil, doa bersama dan mengadakan lomba-lomba atau event. MTs GUPPI 1 Babatan juga melakukan promosi dengan kunjungan kesekolah-sekolah yang ada di sekitar madrasah. 5)Tenaga pendidik dan kependidikan sudah baik dan memenuhi kriteria kepegawaian, sehingga banyak yang sudah berstatus PNS/DPK bahkan telah menempuh S-2. 6) Fasilitas sarana dan prasarana cukup memadai dalam menunjang kegiatan proses belajar mengajar. 7) Proses pembelajaran di MTs GUPPI1 Babatan Lampung Selatan berjalan dengan efektif dan efesien dengan pedoman kurikulum yang terstruktur baik, guru yang berkompeten, serta sarana dan prasarana yang memadai. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pemasaran, Jasa Pendidikan iv ABSTRACT Educational marketing strategy has a very important position because the world has entered the era of globalization, in this era everything is advanced and sophisticated which causes a competitive climate to have entered all lines of life. Educational marketing is useful as a step in balancing the position of education in the era of global competition. The purpose of marketing in an educational institution is to inform the public about school products to increase interest, to help schools continue to exist and the number of their customers is increasing. This research uses descriptive qualitative research, with the research subject being the Principal, Deputy Head of Curriculum, Deputy Head of Student Affairs, students and parents of students. Research data sources, namely primary and secondary data sources. In this research using interview data collection techniques, observation and documentation. The analysis that the researcher uses is data reduction, data presentation and data verification. Meanwhile, the researcher used the data validity test or source triangulation. The results of research on educational marketing strategies in attracting new students: 1) products in the form of a good reputation, academic and extracurricular activities programs. From this program, achievements and graduates have been accepted in various high schools, state madrasas, national standard boarding schools and favorite state vocational schools. 2) The cost of education is relatively cheap, paid in the form of an annual package. 3) The location and location of MTs GUPPI 1 Babatan is very strategic because it is close to the main road across Sumatra and is also easily accessible by public and private vehicles, although the noise from the highway is disturbing, the school conditions are safe and comfortable so that a quiet learning process is created. 4) Promotion is carried out by MTs GUPPI 1 Babatan South Lampung, namely through print media, social media, promotions carried out by para-alumni. social service, by holding events such as competitions, religious activities, breaking fast together, sharing takjil, praying together and holding competitions or events. MTs GUPPI 1 Babatan also carried out promotions by visiting schools around the madrasa. 5) Ten educators and education are good and meet the staffing criteria, so that many have PNS/DPK status and have even taken master's degree. 6) Adequate facilities and infrastructure to support the teaching and learning process. 7) The learning process at MTs GUPPI 1 Babatan South Lampung runs effectively and efficiently with well-structured curriculum guidelines, competent teachers, and adequate facilities and infrastructure. Keywords: Marketing Strategy, Marketing, Educational Services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:07
Last Modified: 09 Aug 2022 03:07
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20404

Actions (login required)

View Item View Item