IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TIPE SOSIODRAMA BERBANTU AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VI DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

AYU, LESTARI (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TIPE SOSIODRAMA BERBANTU AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VI DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan masalah di MIN 5 Bandar Lampung sudah menerapkan pembelajaran simulasi tipe sosiodrama tetapi proses pembelajaran tersebut tidaklah sepenuhnya sesuai dengan yang diharapkan pendidik. Hal ini terlihat saat pendidik memberikan pertanyaan seputar materi dan memberikan kesempatan peserta didik untuk mensosiodramakan sebuah video drama animasi yang telah di tampilkan sebelumnya, hanya ada bebarapa peserta didik saja yang ingin melakukan sosiodrama tersebut. Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran juga kurang optimal terutama keaktifan merespon pertanyaan dari pendidik, menyanggah atau menyetujui ide melakukan sosiodrama dan interaksi peserta didik dengan pendidik belum terjadi secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di MIN 5 Bandar Lampung. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Kelas, dan Peserta Didik kelas VI. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi penelitian. Sesuai dengan rumusan masalah bahwasannya implementasi model pembelajaran simulasi tipe sosiodrama berbantu audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VI di MIN 5 Bandar Lampung. Melalui beberapa indikator dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran simulasi tipe sosiodrama berbantu audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VI belum terlaksana dengan cukup baik. Kemudian pendidik menemukan tipe model pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik yaitu model pembelajaran simulasi tipe sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VI di MIN 5 Bandar Lampung. adalah model pembelajaran simulasi tipe sosiodrama yang didalamnya peserta didik belajar dan bekerja sama dengan kelompok�kelompok kecil bagi pendidik model pembelajaran ini memungkinkan terjadinya hasil belajar yang maksimal. Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran Simulasi Tipe Sosiodrama Berbantuan Audio Visual, Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:26
Last Modified: 03 Aug 2022 07:26
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20287

Actions (login required)

View Item View Item