Adelia, Agrivina (2022) MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang manajemen mutu Pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Dengan menerapkan manajemen mutu pembelajaran, sekolah dapat meningkatkan kualitas secara terus-menerus dengan berfokus kepada peningkatan mutu lulusan yang dihasilkan, maka pihak sekolah seharusnya mampu memahami konsep dan tujuan manajemen mutu pembelajaran agar penerapannya dapat mencapai sasaran demi menunjang terselenggaranya pendidikan dan menghasilkan lulusan yang bermutu. Hasil belajar siswa mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena hasil belajar dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui seberapa jauh perubahan pada diri peserta didik setelah memahami pengetahuan yang didapat dalam proses belajarnya, pengalaman belajar, sikap, dan keterampilan. Fokus penelitian skripsi ini adalah manajemen mutu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Gajah Mada Bandar Lampung sedangkan sub fokus penelitian adalah bagaimana perencanaan manajemen mutu pembelajaran, pelaksanaan manajemen mutu pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui perencanaan manajemen mutu pembelajaran di SMA Gajah Mada Bandar Lampung, (2) untuk mengetahui pelaksanaan manajemen mutu pembelajaran di SMA Gajah Mada Bandar Lampung, (3) untuk mengetahui penilaian hasil pembelajaran siswa di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar belakang manajemen mutu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Sumber data yang diambil dari waka kurikulum, guru, dan siswa di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data melalui metode: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi yaitu terdiri dari 2 triangulasi sumber dan triangulasi teknik . Adapun Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data (data display), 3) Verifikasi Data (data verifying), dan 4) Penarikan Kesimpulan (conclusion drawing). Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, maka diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut: Pertama perencanaan manajemen mutu sebelum melakukan kegiatan pembelajaran di SMA Gajah Mada Bandar Lampung, perencanaan proses pembelajaran yaitu meliputi Silabus dan RPP di sekolah tersebut selalu mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan baik. Dalam proses perencanaan meliputi perumusan tujuan yang ingin dicapai, pemilihan program untuk mencapai tujuan itu, dan ketersediaan sumber belajar yang akan digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran. Kedua yaitu Manajemen mutu pembelajaran dapat dilihat dari pelaksanaan mutu pembelajaran berpedoman di SMA Gajah Mada Bandar Lampung meliputi 8 standar pendidikan, kemudian ada rencana program dan kurikulum, penyusunan perangkat pembelajaran, silabus, RPP, KKM, evaluasi. Ketiga penilaian hasil pembelajaran siswa di SMA Gajah Mada Bandar Lampung, yaitu Penilaian hasil belajar siswa oleh guru digunakan untuk mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik, memperbaiki proses pembelajaran dan menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, akhir tahun dan atau kenaikan kelas. Kata Kunci: Manajemen Mutu Pembelajaran, Hasil Belajar iv ABSTRACT This study discusses the quality management of learning in improving student learning outcomes of class XI science at SMA Gajah Mada Bandar Lampung. By implementing learning quality management, schools can improve quality continuously by focusing on improving the quality of the graduates produced, so the school should be able to understand the concepts and objectives of learning quality management so that its application can achieve the target in order to support the implementation of education and produce quality graduates. Student learning outcomes have an important role in the learning process. This is because learning outcomes can be used as a benchmark to find out how far the changes in students' self after understanding the knowledge gained in the learning process, learning experiences, attitudes, and skills. The focus of this thesis research is the management of learning quality in improving student learning outcomes of class XI science at SMA Gajah Mada Bandar Lampung, while the sub focus of the research is how to plan learning quality management, implement learning quality management, and assess learning outcomes at SMA Gajah Mada Bandar Lampung. This thesis aims (1) to determine the planning of learning quality management at SMA Gajah Mada Bandar Lampung, (2) to determine the implementation of learning quality management at SMA Gajah Mada Bandar Lampung, (3) to determine the assessment of student learning outcomes at SMA Gajah Mada Bandar Lampung. This approach uses a qualitative approach, taking the background of learning quality management in improving student learning outcomes at SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Sources of data taken from waka curriculum, teachers, and students at SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Data collection techniques through the methods: 1) Observation, 2) Interview, and 3) Documentation.Checking the validity of research data using triangulation this is, consisting of 2 sources triangulation techniques and technical triangulation . The steps taken in this study include: 1) Data reduction, 2) Data presentation (data display), 3) Data verification (data verifying), and 4) Conclusion drawing. Based on the data analysis that has been carried out, three conclusions are obtained as follows: First, quality management planning before carrying out learning activities at Gajah Mada High School Bandar Lampung, planning the learning process which includes Syllabus and lesson plans in the school always prepares lesson plans well. The planning process includes the formulation of the goals to be achieved, the selection of programs to achieve those goals, and the availability of learning resources that will be used in the learning process activities. Second, the management of learning quality can be seen from the implementation of the quality of learning guided by SMA Gajah Mada Bandar Lampung covering 8 educational standards, then there is a program and curriculum plan, preparation of learning tools, syllabus, lesson plans, KKM, evaluation. The third assessment of student learning outcomes at SMA Gajah Mada Bandar Lampung, namely the assessment of student learning outcomes by teachers is used to measure and determine the achievement of student competencies, improve the learning process and compile reports on the progress of learning outcomes daily, mid-semester, end of semester, end of year and or grade promotion. Keywords: Learning Quality Management, Learning Outcomes
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 03:56 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 03:56 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20187 |
Actions (login required)
View Item |