KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MA MA’ARIF KEPUTERAN SUKOHARJO PRINGSEWU

WAHYU, KURNIAWAN (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MA MA’ARIF KEPUTERAN SUKOHARJO PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perihal kepemimpinan pada dasarnnya adalah suatu proses sosial yang di adakan, agar dapat di jadikan suatu alat untuk menciptana kebaikan bersama dalam suatu lingkup tertentu di masyarakat. Setiap kelompok organisasi sosial maupun politik selalu bergelut dalam masalah kepemimpinan maupun jabatan, maka kepemimpinan di ungkapkan dengan jelas oleh Agus Dharma bahwa: kepemimpinan adalah proses mengetahui aktifitas seseorang atau kelompok orang untuk mencapai tujuan dalam situasi tertentu. Permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana gaya kepemimpinana kepala madrasah dalam mengimplementasikan manajmen berbasis madrasah di Ma ma’arif keputeran? Bagaimana model pelaksanaan manajemen berbasis madrasah di Ma ma’arif keputeran? Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala madrasah dalam mengimplemntasikan manajemen berbasis madrasah di Ma ma’arif keputeran? Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan memfokuskan kepada kepemimpinan kepala madrasah. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan gaya kepemimpinan kepala madrasah di MA Ma’arif keputeran telah menunjukan tingkat kemampuan yang sesuai dan baik, peran serta antara kepala madrasah dengan bawahan ataupun seluruh warga madrasah saling berkesinambung dan saling membantu satu dengan lainnya demi mewujudkan visi dan misi madrasah. faktor pendukung manajemen berbasis madrash, dengan penerapan yang sesuai dengan pertimbangan yang sudah di rencanakan secara matang, kepala madrasah dapat menyelesaikan permasalahan yang menjadi faktor penghambat penerapan manajemen berbasis madrasah, karena pada hakikatnya faktor pendukung dan penghambat saling berkesinambungan, tinggal bagaimana peran seorang kepala madrasah dalam mengatasi permasalahan yang ada, kepala madrasah selalu mengementingkan metode musyawarah, karna dengan adanya musyawarah kepala madrasah jadi memahami apa�apa saja yang menjadi hambatan dan kesan musyawarah lebih bisa di katakan lebih efektif dalam melakukan perencanaan dalam kemajuan madrasah. Jadi dalam hal ini gaya kepemimpinan kepala madrasah, model penerapan manajemen berbasis madrasah ataupun faktor pendukung dan penghambat penerapan manajemen berbasis madrasah, semuahnya memiliki keterkaitan dengan gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam menerapkan dan memimpin madrasah,dalam pembahasan tersebut kepala madrasah sudah bisa dikatakan sesuai dengan visi dan misi yang di miliki madrasah yaitu untuk memajukan pendidikan di indonesia agar semakin lebih baik dan mampu bersaing ke taraf internasional. Kata kunci : Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah, Manajemen Berbasis Madrasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:57
Last Modified: 29 Jul 2022 02:57
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20150

Actions (login required)

View Item View Item