MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN PRINGSEWU

TRESIYA, PRATIWI (2022) MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN PRINGSEWU. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of tesis 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of tesis TRESIYA PRATIWI 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Tresiya Pratiwi : MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH DI LINGKUNGAN PRINGSEWU Tenaga pendidik merupakan salah satu aspek vital yang memegang kendali terhadap keberlangsungan serta keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang ada di madrasah. Dengan tenaga pendidik yang berkompeten dan profesional, diyakini materi yang diajarkan akan cepat tersalurkan kepada peserta didik. Dan dikarenakan pada Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah di Lingkungan Pringsewu ini masih ada hal-hal yang harus diperbaiki, diantaranya yaitu masih belum adanya pedoman dalam proses rekrutmen tenaga pendidik, sehingga pelaksanaan rekrutmen tenaga pendidik masih banyak tenaga pendidik yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan terakhirnya atau tidak sesuai dengan kualifikasi akademiknya. Proses rekrutmen dilakukan secara kekeluargaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ni adalah metode deskriftif kualitatif, yakni mendeskripsikan fakta-fakta yang ada. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara dengan kepala madrasah yang ada Pada Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah di Lingkungan Pringsewu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rekrutmen tenaga pendidik diawali dengan perencanaan kebutuhan guru yaitu dengan menganalisa kebutuhan yang ada, pengumuman adanya lowongan guru, persyaratan yang harus dipenuhi calon guru, seleksi dan berbagai tes, dan penentuan penerimaan guru. Sedangkan factor-faktor yang menjadi kendala dalam pross rekrutmen tenaga pendidik dan penempatan tenaga pendidik yaitu: system kekeluargaan, kurang professional dalam melaksanakan manajemen Sumber Daya Manusia. Upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam penempatan tenaga pendidik yaitu dilakukannya dengan cara menempatkan tenaga pendidik yang tidak sesuai kualifikasi akademiknya dengan kegemaran serta bakat yang dimiliki peserta didik sesuai dengan jabatan yang diberikan, serta memperhatikan sikap dan penampilan dari calon tenaga pendidik yang akan melamar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah baik dari segi rekrutmen dan penempatan tenaga pendidik dengan materi yang diberikan banyak yang belum sesuai dengan spesifikasi ilmu terhadap guru yang bersangkutan, rekrutmen dan penempatan tenaga pendidik harus lebih selektif dan trasnparan. Kata Kunci: Rekrutmen, Penempatan, Manajemen Tenaga Pendidik ABSTRACT Tresiya Pratiwi : MANAGEMENT OF EDUCATORS IN IBTIDAIYAH MADRASAH WORKING GROUP IN PRINGSEWU ENVIRONMENT Educators are one of the vital aspects that control the continuity and success of teaching and learning activities in madrasas. With competent and professional educators, it is believed that the material taught will be quickly distributed to students. And because at the Madrasah Ibtidaiyah Working Group in Pringsewu there are still things that need to be improved, including that there are still no guidelines in the process of recruiting educators, so that the implementation of the recruitment of educators is still a lot of educators who teach not in accordance with their latest educational background. or not in accordance with their academic qualifications. The recruitment process is carried out in a family manner. The method used in this research is a qualitative descriptive method, namely describing the existing facts. The data collection techniques using observation, interviews, and documentation. In this study, the researcher conducted interviews with the principal of the madrasa in the Madrasah Ibtidaiyah Working Group in the Pringsewu neighborhood. The results of the study indicate that the recruitment process for educators begins with planning for teacher needs, namely by analyzing existing needs, announcements of teacher vacancies, requirements that must be met by prospective teachers, selection and various tests, and determination of teacher acceptance. While the factors that become obstacles in the process of recruiting educators and placing educators are: the family system, lack of professionalism in implementing human resource management. Efforts made by madrasa heads in placing educators are done by placing educators who do not match their academic qualifications with the interests and talents of students in accordance with the positions given, and pay attention to the attitudes and appearances of prospective educators who will apply. The conclusion in this study is that both in terms of recruitment and placement of educators with many materials provided that are not in accordance with the specifications of the knowledge of the teacher concerned, recruitment and placement of educators must be more selective and transparent. Keywords: Recruitment, Placement, Management of Educators

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:54
Last Modified: 27 Jul 2022 05:54
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20092

Actions (login required)

View Item View Item