PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS V

Dwi, Agustina Suryani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS V. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS V DWI AGUSTINA SURYANI Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model PjBL berbantuan mind mapping terhadap peningkatan penguasaan konsep peserta didik kelas V di SD Negeri 5 Jatimulyo Lampung Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-postest dengan menggunakan kelas eksperimen sebagai penelitian tanpa adanya kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan sampel tersebut diberikan tes akhir yaitu tes penguasaan konsep. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan perolehan sampel penelitian yaitu kelas penelitian 1, kelas penelitian 2, dan kelas penelitian 3, ketiga kelas penelitian diberikan treatment yang sama dengan menggunakan model project based learning berbantuan mind mapping. Pengujian hipotesis digunakan teknik uji yaitu One Sample T-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perhitungan hasil penelitian menunjukkan 0,000<0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa (1) terdapat pengaruh tehadap penguasaan konsep peserta didik dengan penerapan model pembelajaran project based learning, (2) pembelajaran menggunakan PjBL terhadap peningkatan penguasaan konsep dikategorikan cukup efektif dengan klasifikasi sedang, (3) terdapat perbedaan rata-rata penguasaan konsep peserta didik antara tes awal dengan tes akhir setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran PjBL. Kata kunci: Mind Mapping; Penguasaan Konsep; dan Project Based Learning (PjBL); Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:51
Last Modified: 26 Jul 2022 07:51
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20067

Actions (login required)

View Item View Item