PENGARUH MEDIA GAMBAR BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 1 BLAMBANGAN LAMPUNG UTARA

Andrea, Puspita Dewi (2022) PENGARUH MEDIA GAMBAR BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 1 BLAMBANGAN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 &  BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANDREA PUSPITA DEWI-1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, hal itu mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia perlunya memakai media pembelajaran yang dapat membuat nilai peserta didik memenuhi KKM. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media gambar berbasis digital terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas II di SDN 1 Belambangan Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan adalah menggunakan pretest dan postest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Blambangan Lampung Utara dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas II A dan untuk kelas kontrol adalah kelas II B. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Data diperoleh dari buku-buku tentang Media gambar berbasis digital dan jurnal-jurnal yang terkait dengan media gambar berbasis digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa media gambar berbasis digital dalam perhitungan Uji-t, didapatkan nilai sig 0,000 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan HI diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media gambar berbasis digital terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas II di SDN 1 Blambangan Lampung Utara, dan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui media gambar berbasis digital dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Media Gambar ABSTRACT The problem in this study is that students still have difficulty in understanding the subject matter during the learning process, it results in the value of student learning outcomes still not reaching the Minimum Completion Criteria. Therefore, the researcher concluded that in learning Indonesian the need to use learning media that can make students' grades meet. The purpose of this study was to see the influence of the use of digital-based image media on Indonesian learning outcomes in grade II students at SDN 1 Belambangan Lampung Utara. This research was a quantitative research of experiments and the type of experiment is Quasi-Experimental. This type of research in the way used is to use pretest and postest in experimental classes and control classes. This research was carried out at SDN 1 Blambangan Lampung Utara with a sampling technique, namely with the Cluster Random Sampling technique. The sampling in this study consisted of two groups of classes including the experimental class and the control class. Where the experimental class was class II A and for the control class was class II B. With data retrieval techniques using tests. Data obtained from books on digital-based image media and journals related to digital-based image media in Indonesian learning. Based on the results of data analysis, it can be said that digital-based image media in the calculation of the t-test, a sig value of 0.000 is obtained, then if the Sig value is 0.05 (5%) on the Sig (2-tailed) then H0 is rejected and HI is accepted. It can be concluded that there was a significant influence of digital-based image media on the learning outcomes of Indonesian grade II students at SDN 1 Blambangan Lampung Utara, and Indonesian learning through digital-based image media can have a positive impact on the learning process and student learning outcomes. Keywords : Indonesian, Learning Outcomes, Image Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:04
Last Modified: 26 Jul 2022 03:04
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20041

Actions (login required)

View Item View Item