PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA LAMPUNG KELAS II SD/MI

Eka, Fitri Handayani (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA LAMPUNG KELAS II SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA FITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan keterampilan menulis pada materi Aksara Lampung kelas II di tingkat SD/MI. Pengembangan ini dilakukan berdasarkan kebutuhan peserta didik karena terbatasnya bahan ajar yang tersedia di sekolah pada pembelajaran Bahasa Lampung materi Aksara Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bahasa Lampung, mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bahasa Lampung dan mengetahui respons pendidik maupun peserta didik terhadap bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bahasa Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE dikembangkan oleh Robert Maribe Branch terdiri dari lima langkah yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subyek penelitian ini adalah peserta didik SD N 3 Wates Pringsewu dan UPT SD N 2 Wates Timur Pringsewu. Data penelitian diperoleh dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli materi termasuk dalam kategori “Sangat Layak”dengan persentase rata-rata 83%. Penilaian ahli bahasa pada bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bahasa Lampung dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase 92%, dan penilaian ahli media pada bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bahasa Lampung termasuk kategori “Sangat Layak” dengan 81%. Pada uji coba skala kecil di UPT SD N 2 Wates Timur Pringsewu dengan peserta didik sebanyak 10 peserta didik memperoleh persentase rata-rata 93,64 %. Pada uji coba lapangan skala besar di SD N 3 Wates Pringsewu yang melibatkan 22 peserta didik dengan persentase rata-rata 94,11% dengan keterangan “Sangat Menarik” untuk digunakan dan dijadikan media pembelajaran. Kata Kunci: Bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2022 03:46
Last Modified: 31 May 2022 03:46
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19316

Actions (login required)

View Item View Item