PERAN PEMBIMBING DALAM MENANGANI BULLYING DI PANTI ASUHAN TIARA PUTRI SUKARAME BANDAR LAMPUNG

AHMAD, HAVID (2022) PERAN PEMBIMBING DALAM MENANGANI BULLYING DI PANTI ASUHAN TIARA PUTRI SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI HAVID.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan merupakan proses bantuan yang diberikan oleh pembimbing kepada seseorang untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi melalui proses keagamaan agar mereka tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Bimbingan ini dapat menjadi wadah untuk mengatasi perilaku bullying dengan cara memberikan arahan-arahan yang baik sesuai dengan petunjuk Allah SWT sehingga anak mengerti perilaku apa saja yang dilarang dalam ajaran Islam. Maka perlu ada penelitian mengenai bimbingan keagamaan dalam upaya mengatasi perilaku bullying di Panti Asuhan Tiara Putri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan yang dilakukan oleh pembimbing kepada anak asuh di panti tersebut. Untuk menggali data peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi perilaku bullying anak asuh di Panti Tiara Putri. Cara menentukan sampel penelitian menggunakan teknik jenis purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anak asuh yang berjumlah 4 orang dan 2 orang pembimbing atau pengasuh. Alasan memilih anak asuh tersebut karena anak asuh yang melakukan perilaku bullying membutuhkan arahan dalam mengatasi perilaku bullying. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dengan metode pengambilan kesimpulan dengan deduktif. Temuan penelitian ini bahwa bimbingan keagamaan di Panti Asuhan Surya Mandiri dilakukan setiap hari Rabu dan Kamis pukul 15.00-17.30 WIB. Pelaksanaan bimbingan keagamaan menggunakan metode ceramah melalui pendekatan behavioral dalam mengatasi perilaku bullying yang menekankan pada dimensi kognitif individu dan menawarkan berbagai metode yang berorientasi pada tindakan untuk membantu mengambil langkah yang jelas dalam mengubah tingkah laku. Setelah mengikuti bimbingan keagamaan melalui metode ceramah anak asuh dapat menciptakan perubahan seperti saling menghargai, saling menghormati, dan saling menyayangi satu sama lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2022 02:22
Last Modified: 31 May 2022 02:22
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19299

Actions (login required)

View Item View Item