ANALISIS MINAT BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK

Nur, Aini (2022) ANALISIS MINAT BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian mengenai Analisis Minat Belajar Melalui Pembelajaran Online dan Hubungannya terhadap Kemampuan Berpikir Logis Peserta Didik yang bertujuan untuk menganalisis tingkat minat belajar fisika peserta didik pada materi Hukum Newton dan mencari signifikansi hubungannya terhadap kemampuan berpikir logis peserta didik. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif berupa deskriptif kuantitatif dan korelasi. Metode deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini digunakan untuk menggambarkan tingkat minat belajar fisika melalui pembelajaran online peserta didik di MTs. Mathla’ul Anwar Seribu dengan gambaran berupa ukuran, jumlah atau frekuensi. Metode penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada hubungan antara dua variabel atau lebih, dalam penelitian ini, korelasi digunakan untuk mencari hubungan antara minat belajar fisika melalui pembelajaran online dan kemampuan berpikir logis peserta didik MTs. Penelitian ini dilakukan di MTs. Mathla’ul Anwar Seribu dengan menggunakan 2 kelas sampel penelitian. Uji korelasi yang digunakan adalah uji korelasi pearson dan uji signifikansi dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar fisika melalui pembelajaran online memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir logis, dengan nilai Rhitung > Rtabel yaitu 0,92 > 0,26 dan korelasi bersifat signifikan karena thitung > ttabel yaitu 17,82 > 2,766, sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar fisika melalui pembelajaran online dan kemampuan berpikir logis peserta didik di MTs. Mathla’ul Anwar Seribu. Kata kunci: minat belajar fisika, kemampuan berpikir logis, hukum ssnewton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2022 07:15
Last Modified: 25 May 2022 07:15
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19244

Actions (login required)

View Item View Item