SULASTRI, Achmad Sukri (2022) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (807kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Pendidikan seluruh dunia kini telah mengkaji kembali perlunya moral dan budi pekerti atau pendidikan karakter dibangkitkan kembali. Selain itu juga MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung merupakan madrasah yang berakreditasi A dan mempunyai kualitas pendidikan islam yang baik. Sekolah yang terutama harus diperhatikan adalah kedisiplinan peserta didik dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan khusunya dalam setiap proses pembelajaran. Maka semua itu diperlukan kerjasama antara kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa dalam rangka meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Berdasarkan teori Buku Mulyasa yang berjudul Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Bahwa prestasi akademik dapat diprediksi berdasarkan pengetahuan dalam prilaku kepemimpinan kepala sekolah. Hal ini dapat dipahami karena proses kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh terhadap kinerja sekolah secara keseluruhan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, dan staf kesiswaan sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Dalam proses pencarian data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan beberapa kesimpulan yang di dapatkan yaitu, (1) perencanaan strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kdisiplinan peserta didik di Mts Muhammadiyah Sukarame dan mengkaitkan dengan teori yang sudah ada. (2) strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan Kedisiplinan peserta didik. Pertama, memberikan teladan kepada peserta didik agar mereka dapat mencontoh. Kedua, dalam berbagai kesempatan selalu mengingatkan peserta didik untuk selalu mematuhi tata tertib peraturan yang berlaku di sekolah. Ketiga, bekerjasama dengan guru-guru untuk mengawasi tingkah laku peserta didik. Keempat, memberikan kegiatan tadarus Al-Qur‟an dan sholat zuhur berjamaah yang bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan di dalam diri setiap peserta didik dan mengumpulkan handphone peserta didik. (3) dampak keberhasilan disiplin yaitu berdampak pada siswa, guru dan sekolah. Melihat dampak keberhasilan di Mts Muhammadiyah Sukarame menjadi perihal yang sangat penting karena dapat menilai kesuksesan sebuah perencanaan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan. Kata Kunci: Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kedisiplinan, Peserta Didik. iv ABSTRACT Education around the world has now reviewed the need for moral and character education or character education to be revived. In addition, MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung is an A-accredited madrasa and has good quality Islamic education. Schools that especially must be considered are the discipline of students in every activity held, especially in every learning process. So all that is needed is cooperation between school principals, teachers, parents, and students in order to improve student discipline. Based on the theory of the Mulyasa book entitled Management and Principal Leadership, that academic achievement can be predicted based on knowledge of the principal's leadership behavior. This can be understood because the principal's leadership process has an influence on overall school performance. This research uses a descriptive qualitative research type. The subjects of the research were the principal, student council waka, and student staff as key informants. The object of this research is the principal's leadership in improving student discipline. In the process of searching for data, researchers used the methods of observation, interviews and documentation. The results of the research conducted showed several conclusions, namely, (1) planning the leadership strategy of the madrasa principal in improving student discipline at Mts Muhammadiyah Sukarame and linking it with existing theories. (2) the strategy used by the principal in improving student discipline. First, to set an example for students so that they can imitate. Second, on various occasions always remind students to always obey the rules and regulations that apply at school. Third, cooperate with teachers to monitor the behavior of students. Fourth, providing tadarus Al-Qur'an activities and zuhur prayers in congregation which aims to instill discipline in each student and collect student cellphones. (3) the impact of the success of discipline, namely the impact on students, teachers and schools. Seeing the impact of success at Mts Muhammadiyah Sukarame is very important because it can assess the success of an educational institution planning in achieving goals. Keywords: Principal Leadership Strategy, Discipline, Students
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 12 May 2022 03:10 |
Last Modified: | 13 May 2022 02:39 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19088 |
Actions (login required)
View Item |