MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

KAROLA, SUKMA ASTASIA (2022) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KAROLA SUKMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen peningkatan mutu tenaga pendidik yang melalui proses kepemimpinan kepala sekolah, guru, siswa, kurikulum, jaringan kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, kepala tata usaha dan tenaga pendidik. Objek penelitian ini adalah Manajemen peningkatan mutu tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Al-hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Dari metode penelitian yang dilakukan menghasilkan bagaimana manajemen peningkatan mutu tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Al-hikmah Bandar Lampung diantaranya, yang pertama kepemimpinan kepala sekolah memahami visi misi kerja secara jelas, memberikan layanan yang optimal, mempunyai dorongan kerja yang tinggi, disiplin kerja yang kuat, kedua guru dengan meningkatkan kompetensi dan profesi kerja guru dalam kegiatan seminar, lokakarya seta pelatihan sehingga hasil dari kegiatan tersebut diterepkan di sekolah, ketiga siswa kemampuan siswa dapat digali sehingga sekolah dapat menginventarisir kekuatan yang ada pada siswa, keempat kurikulum adanya kurikulum yang kosisten, dinamis, dan terpadu dapat memungkinkan dan memudahkan standar mutu yang diharapkan sehingga tujuan dapat dicapai secara maksimal, kelima jaringan kerjasama dilakukan tidak hanya terbatas pada lingkungan sekolah dan masyarakat, tetapi dengan organisasi lain seperti perusahan atau instansi pemerintah sehingga output dari sekolah dapat terserap didalam dunia kerja. Dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan manajemen peningkatan mutu tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Al-hikmah Bandar lampung sudah berjalan dengan cara: kepemimpinan kepala sekolah, guru, siswa, kurikulum, jaringan Kerjasama. Key Word: Manajemen Peningkatan Mutu iii ABSTRACT This study aims to describe the management of improving the quality of educators through the leadership process of principals, teachers, students, curriculum, collaboration networks. This research is a qualitative descriptive study. The subjects of this study were the head of the madrasa, the head of administration and the teaching staff. The object of this research is the management of improving the quality of educators at Madrasah Ibtidaiyah Al-hikmah Bandar Lampung. This study uses data collection techniques by means of observation, interviews and documentation, then analyzed using data analysis consisting of data reduction, data presentation and conclusion drawing. From the research method carried out, it resulted in how the management of improving the quality of educators at Madrasah Ibtidaiyah Al-hikmah Bandar Lampung included, the first is the leadership of the principal who understands the vision and mission of work clearly, provides optimal service, has high work motivation, strong work discipline, both teachers by improving the competence and work profession of teachers in seminars, workshops and training so that the results of these activities are applied in schools, the three students' abilities can be explored so that schools can take an inventory of the strengths that exist in students, the fourth curriculum is a curriculum that is consistent, dynamic, integrated and able to enable and facilitate the expected quality standards so that the goals can be achieved optimally, the five cooperation networks are carried out not only limited to the school and community environment, but with other organizations such as companies or government agencies so that the output of i school can be absorbed in the world of work. From the results of the research above, it can be concluded that the management of improving the quality of educators at Madrasah Ibtidaiyah Al-hikmah Bandar Lampung has been running by means of: leadership of principals, teachers, students, curriculum, collaboration networks. Key Word: Quality improvement management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:56
Last Modified: 26 Apr 2022 03:56
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18996

Actions (login required)

View Item View Item