BRENDA, YUNITA (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PASCA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 1 TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Manajemen pembelajaran sangat penting kedudukannya dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, apalagi di masa darurat penyebaran Corona Virus Disease-19 (COVID-19) seperti yang kita alami saat ini. Berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan. Berbagai hambatan, kesulitan, dan keterbatasan dihadapi dalam proses belajar mengajar, mulai dari faktor peserta didik, keluarga peserta didik, maupun sarana dan prasarana yang kurang representative. peran guru sangat dibutuhkan dalam mengelola pembelajaran mulai dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan evaluasi (evaluating) dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi COVID-19 saat ini, baik implementasi pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran Al –Qur’an Hadits di MAN 1 Tanggamus. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tanggamus. Untuk mengetahui bagaimana penilaian/evaluasi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tanggamus. Untuk mengetahui apa saja faktor yang menghambat dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran Al-Qur’an hadits di MAN 1 Tanggamus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Menggunakan model penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Langkah�langkah yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data hasil penelitian dilakukan dengan triangulasi teknik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Dari hasil penelitian Perencanaan pembelajaran yang ada di MAN 1 Tanggamus dalam kegiatan merencanakan pembelajaran, guru selalu menyiapkan RPP, Silabus, analisis minggu efektif, prota dan prosem. Tersedia juga alat peraga atau media pembelajaran berupa buku kitab yang disediakan diperpustakaan dan tambahan Al-Qur’an, daftar nilai siswa serta buku absensi atau daftar hadir siswa. Dalam kegiatan pendahuluan guru memperhatikan sikap dan tempat duduk siswa, memulai pembelajaran setelah siswa siap untuk belajar, serta mengaitkkan materi yang sedang dipelajari dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya supaya terjadi kesinambungan. Dalam kegiatan inti, guru sudah cukup baik dalam menguasi materi belajar, bahan belajar sudah sesuai dengan RPP, jelas dalam menyampaikan materi. iii Serta dalam kegiatan penutup guru menyimpulkan kegiatan belajar dengan baik, memberikan evaluasi lisan maupun tulisan, memberikan tugass yang sifatnya memberikan pengayaan dan pendalaman. Ketika melakukan melakukan penilaian guru menilai dari kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajran. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Al-Qur’an Hadits
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 06:58 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 06:58 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18891 |
Actions (login required)
View Item |