PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MEMPERTAHANKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN I LAMPUNG TENGAH

Gaby, Hesti Puspitawati (2022) PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MEMPERTAHANKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN I LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi gaby.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap kehidupan yang berkelompok maupun individu pasti dihadapkan dengan sebuah permasalahan. Dimana proses pengambilan keputusan sangat penting dalam hal memecahkan suatu permasalahan.Sistem mempertahankan mutu merupakan suatu kegiatan yang sistematis dan teratur dalam penyelenggaraan pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di suatu sekolah. Konsep dan kebijakan mempertahankan mutu pendidikan meliputi pencapaian standar dan kepuasan pengguna hasil-hasil pendidikan baik internal maupun eksternal. Penelitian ini di fokuskan pada Pengambilan Keputusan dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di MAN 1 Lampung Tengah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana tahap mengidentifikasi suatu permasalahan, bagaimana tahap pengembangan alternatif yang dilakukan serta bagaimana tahap seleksi yang dilakukan dalam memepertahankan mutu pendidikan di MAN 1 Lampung Tengah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui tahap identifikasi dalam mempertahankan mutu pendidikan di MAN 1 Lampung Tengah, 2) untuk mengetahui tahap pengembangan alternatif dalam mempertahankan mutu pendidikan di MAN 1 Lampung Tengah, 3) untuk mengetahui tahap seleksi alternatif dalam mempertahankan mutu pendidikan di MAN 1 Lampung Tengah, dengan menggunakan teori pengambilan keputusan yang dikemukakan oleh Mintzberg ia mengatakan bahwa dalam proses pengambilan keputusan terdapat tiga tahapan yaitu: identifikasi masalah, mengembangkan alternatif dan seleksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriktif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui cara wawancara, observasi dan dokumentasi serta sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang dilakukan dengan Teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan pada penelitian ini merupakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil dari penelitian dan kesimpulan yang diperoleh di MAN 1 Lampung Tengah sebagai berikut: pengambilan keputusan yang dilakukan guna mempertahankan mutu pendidikan dilakukan dengan cara yang demokratis, yang mana dalam proses pengidentifikasian suatu masalah dilakukan dengan cara melihat data yang ada dilapangan, selain melihat secara langsung data yang ada dilapangan kepala madrasah juga memperoleh informasi mengenai permasalahan yang dialami oleh guru melalui perantara waka-waka, dalam proses identifikasi masalah ini guru dan staff lainya dilibatkan lalu dilakukan dengan teknis rapat atau musyawarah dalam hal ini permasalahan yang muncul dilakukan diagnosis terlebih dahulu. Selanjutnya dalam proses pengembangan alternatif dilakukan dengan cara melihat terlebih dahulu skala priotas, hal apa yang paling dibutuhkan dan dengan mengetahui skala prioritas maka tahap mengembangkan alternatif ini bisa dilakukan. Kemudian tahap seleksi dilakukan dengan cara yang sistematis dan logis untuk mempermudah dalam mengimplemntasikannya, cara sistematis yang dilakukan yaitu dengan memiliki penilaian tersendiri terhadap prosedur yang dibuat sebelumnya, dengan cara menilai antara alternatif 1 dan alternatf lainya mana yang lebih cocok dan yang lebih tepat digunakan dalam pemecahan suatu masalah. Kata Kunci: Pengambilan Keputusan dan Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:14
Last Modified: 14 Apr 2022 04:14
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18802

Actions (login required)

View Item View Item