PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI MTs NEGERI 4 LAMPUNG SELATAN

Mella, Arpiany (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI MTs NEGERI 4 LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELLA ARPIANY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI MTs Negeri 4 LAMPUNG SELATAN Di Buat Oleh : Mella Arpiany Kepemimpinan kepala madrasah adalah kemampuan seseorang untuk mengarahkan, memimpin, menggerakkan, membimbing, melaksanakan tugas-tugas sebagai pengajar dan sebagai komponen penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang memiliki wewenang dan kekuasaan untuk menjalankan program yang ada pada madrasah tersebut. Motivasi kerja guru adalah suatu aktivitas yang bisa menimbulkan dorongan ataupun kekuatan yang bersumber dari luar maupun dalam diri seseorang atau kelompok agar bertindak dan melakukan suatu tindakan bekerja untuk dapat melakukan tugasnya sesuai apa yang telah ditetapkan. Dari penjelasan diatas penelitian ini menjelaskan tentang “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madarsah Terhadap Motivasi Kerja Guru di MTs Negeri 4 Lampung Selatan’’. Ditinjau dari jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Adapun yang menjadi populasi di dalam penelitian ini adalah 33 guru di MTs N 4 Lampung Selatan dan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel multi�strage cluster area random sampling dimana teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan menggunakan seluruh guru di MTs N 4 Lampung selatan. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket. Uji analisis data yang meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana, uji T dan uji F. Berdasarkan hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru di MTs N 4 Lampung Selatan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai korelasi iii koefisien variabel kepemimpinan kepala madrasah (X) dan variabel motivasi kerja (Y) sebesar 0,662 dengan taraf signifikasi (sig) 0,05. Diperoleh pula nilai R square sebesar 0,438. Hal ini dapat diartikan bahwa 43,8% pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru, sedangkan 56,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dipakai dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Motivasi Kerja Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:39
Last Modified: 31 Mar 2022 03:39
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18642

Actions (login required)

View Item View Item