ANDINI, MAULIA (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMINIMALISIR HAMBATAN PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran tematik adalah suatu upaya pemikiran yang disusun berdasarkan tema-tema dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran tertentu dengan sistematis berdasarkan tema tema dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran tertentu dengan sistematis, dan dengan metode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hambatan yang ditemui oleh pendidik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik di MIN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pendidik yang terdiri dari 6 pendidik dari kelas I sampai dengan kelas VI dan Kepala Sekolah. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Data dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran tematik masih terlihat berbeda-beda. Pendidik sudah menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan model rencana pelaksanaan pembelajaran tematik yang terdiri dari komponen identitas mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terlihat pada saat penyampaian materi masih terpisah-pisah dan belum terikat satu sama lain. Pada tahap penilaian, pendidik telah melakukan proses penilaian hasil belajar dalam bentuk penilaian tes dan non tes. Penilaian tes masih dilakukan secara terpisah antar mata pelajaran satu dengan yang lain sehngga belum disesuaikan dengan tema. Hambatan yang ditemui pendidik yaitu kurangnya sosialisasi mengenai pembelajaran tematik, keterbatasan waktu, sarana dan prasarana yang kurang memadai. Strategi yang digunakan oleh pendidik di kelas rendah belum bervariasi, sedangkan untuk kelas 4 dan 5 menggunakan strategi yang menyesuaikan dengan kondisi peserta didik dan menggunakan penugasan, untuk kelas 6 menggunakan Strategi yang bervariasi dan menyenangkan, menggunakan media, dan memberikan Latihan mandiri kepada peserta didik. Kata Kunci: Strategi , Hambatan, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 03:02 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 03:02 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18635 |
Actions (login required)
View Item |