RINI, ANGGRAENI (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SDN 1 PEMATANG PASIRKECAMATAN KETAPANG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF
Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Guru memiliki peran penting untuk menyampaikan ilmu�ilmu kepada peserta didik yang ada. Tak hanya berperan untuk mengajarkan ilmu-ilmu saja, banyak sekali peran guru dalam proses pembelajaran. Adapun peran guru dalam proses pembelajaran yaitu; guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pengaruh, guru sebagai pelatih, guru sebagai penilai.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat belajar tematik peserta didik di SDN 1 Pematang Pasir. Penelitian ini dilakukan dengan emnggunakan metode kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah pendidik kelas II SDN 1 Pematang Pasir dan Peserta didik kelas II SDN 1 Pematang Pasir. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh peneliti mengenai peran guru dalam meningkatkan minat belajar tematik peserta didik di SDN 1 Pematang Pasir, dengan menerapkan cara 1) Menggunakan metode yang bervariasi, 2) Menciptakan persaingan atau kompetisi, 3) Memberi uangan/evaluasi, 4)Memberi nilai atau angka, 5) Memberitahukan hasil belajar peserta diidk, 6) Memberi Hadiah 7) Memberi Pujian dan 8) Memberi Hukuman jika tidak mengerjakan tugas. Dengan menerapkan cara-cara diatas pendidik mampu meningkatkan minat belajar tematik peserta didik SDN 1 Pematang Pasir dengan baik Kata Kunci : Peran guru, minat belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 02:36 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 02:36 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18361 |
Actions (login required)
View Item |