PENGEMBANGAN MODUL ONLINE TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MIN 05 BANDAR LAMPUNG

WINDA, CECILIA (2022) PENGEMBANGAN MODUL ONLINE TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MIN 05 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WINDA CICILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran selama pandemi covid-19 dilakukan secara daring, pendidik dan peserta didik hanya menggunakan bahan ajar berupa buku pendidik dan buku peserta didik, serta di dalam buku pendidik dan buku peserta didik yang digunakan dalam proses pembelajaran masih bersifat umum belum memaparkan adanya unsur daerah tempat tinggal dan budaya setempat seperti kearifan lokal atau budaya Lampung, Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana proses pengembangan modul online tematik berbasis kearifan lokal serta bertujuan untuk menghasilkan produk modul online tematik berbasis kearifan lokal. Media pembelajaran ini dibuat untuk memudahkan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik dan pendidik. Dengan adanya modul online ini peserta didik lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation , penelitian ditunjukan kepada peserta didik MIN 3 Bandar Lampung dan peserta didik MIN 5 Bandar Lampung serta kedua walikelas dari sekolah tersebut. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada validator untuk mengetahui kelayakan dan angket peserta didik dan pendidik untuk mengetahui respon. Berdasarkan hasil penelitian dari validator ahli materi mendapatkan prsentase 91,7% dengan kriteri “layak” dan dari validator ahli media mendapatkan presentase 91,5% dengan kriteria “layak”, kemudian dari respon peserta didik skala kecil mendapatkan 88,5% dengan kriteria “sangat menarik” pada skala besar mendapatkan 95,6% dengan ktiteria “sangat menarik” dan respon pendidik mendapatkan 96% dengan kriteria “sangat menarik” dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang dalam proses pemblajaran. Kata Kunci: ADDIE, Modul, Kearifan Lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:37
Last Modified: 09 Mar 2022 02:37
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18308

Actions (login required)

View Item View Item