MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI BANDAR LAMPUNG

FIRMANSYAH, DANI (2022) MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SINOPSIS DISERTASI FIRMANSYAH.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Disertasi Firmansyah Y A.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi merupakan kelanjutan dari pengajaran yang diterima oleh peserta didik mulai dari Tingkat Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Atas. Namun berbagai persoalan muncul dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu mengenai tidak relevansinya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan rendahnya mutu pembelajaran Pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu perencanaan, pelaksanaan, interaksi, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis field research (penelitian lapangan), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah pada perguruan tinggi swasta di Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu perencanaan, pelaksanaan, interaksi, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi swasta di Bandar Lampung belum sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNP) dan Permenristekdikti no. 44 tahun 2015. Secara manajemen, masih banyak perguruan tinggi swasta yang memperlakukan matakuliah agama Islam sama dengan mata kuliah yang lain, sehingga tidak ada perlakuan khusus mengenai mata kuliah Pendidikan agama Islam. Masih banyak pimpinan perguruan tinggi swasta di Bandar Lampung yang belum memberikan kebijakan khusus mengenai mata kuliah Pendidikan agama Islam dan masih banyak tenaga pengajar Pendidikan agama Islam yang belum memenuhi kualifikasi akademik minimal yang dipersyaratkan. Kata Kunci: mutu perencanaan, mutu pelaksanaan, mutu interaksi, mutu evaluasi, Pendidikan agama Islam viii ABSTRACT Islamic Religious Education in Higher Education is a continuation of the teaching received by students starting from Elementary Level, Junior High School and Senior High School. However, various problems arise in the learning process of Islamic Religious Education, namely the irrelevance of Islamic Religious Education learning and the low quality of Islamic religious education learning. The purpose of this study was to determine the quality of planning, implementation, interaction, and evaluation of Islamic Religious Education learning at private universities in Bandar Lampung. This research was conducted using the type of field research (field research), using a qualitative approach. While the data collection techniques by observation, interviews, and documentation. The location of this research is a private university in Bandar Lampung. The results showed that the quality of planning, implementation, interaction, and evaluation of Islamic religious education learning at private universities in Bandar Lampung was not in accordance with the Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia Number 3 of 2020 concerning National Standards for Higher Education and Permenristekdikti no. 44 of 2015. In management, there are still many private universities that treat Islamic religious subjects the same as other courses, so there is no special treatment regarding Islamic religious education courses. There are still many leaders of private universities in Bandar Lampung who have not provided specific policies regarding Islamic religious education courses and there are still many Islamic religious education teachers who do not meet the minimum academic qualifications required. Keywords: quality of planning, quality of implementation, quality of interaction, quality of evaluation, Islamic religious education ix صخلملا ا من المرحلة ً التعلیم الدیني الإسلامي في التعلیم العالي ھو استمرار للتدریس الذي یتلقاه الطلاب بدء ناثلاو ةیئادتبلاا ةیبرتلا ملعت ةیلمع يف ةفلتخم لكاشم رھظت ، كلذ عمو .ایلعلا ةیوناثلا ةسردملاو ةیدادعلإا ةیو ةمءلام مدع يھو ، ةیملاسلإا ةینیدلا ةینیدلا ةیبرتلا میلعت ةدوج يندتو ةیملاسلإا ةینیدلا ةیبرتلا ملعت ةیبرتلا میلعتل مییقتلاو لعافتلاو ذیفنتلاو طیطختلا ةدوج دیدحت وھ ةساردلا هذھ نم ضرغلا ناك .ةیملاسلإا عون مادختساب ثحبلا اذھ ءارجإ مت .جنوبملا ردنب يف ةصاخلا تاعماجلا يف ةیملاسلإا ةینیدلا ثحبلا ينادیملا تلاباقملاو ةظحلاملا قیرط نع تانایبلا عمج تاینقت امنیب .يعون جھنم مادختساب ، )ينادیملا ثحبلا( . جنوبملا ردنب يف ةصاخ ةعماج وھ ثحبلا اذھ عقوم .قیثوتلاو يف ةیملاسلإا ةینیدلا ةیبرتلا میلعتل مییقتلاو لعافتلاو ذیفنتلاو طیطختلا ةدوج نأ جئاتنلا ترھظأ جلا مقر ایسینودنإ ةیروھمجل ةفاقثلاو میلعتلا ریزو ةحئلا عم ةقفاوتم نكت مل جنوبملا ردنب يف ةصاخلا تاعما مقر 44 ماعل 2015 يف . .no Permenristekdikti 3 ماعل 2020 و يلاعلا میلعتلل ةینطولا رییاعملا نأشب وملا لماعت يتلا ةصاخلا تاعماجلا نم دیدعلا كانھ لازی لا ، ةرادلإا ىرخلأا داوملا لثم ةیملاسلإا ةینیدلا دا ةداق نم دیدعلا كانھ لازی لا .ةیملاسلإا ةینیدلا ةیبرتلا تارودب قلعتی امیف ةصاخ ةلماعم دجوی لا كلذل ، ةینیدلا ةیبرتلا تارودب قلعتی امیف ةددحم تاسایس اومدقی مل نیذلا جنوبملا ردنب يف ةصاخلا تاعماجلا انھ لازی لاو ةیملاسلإا نم ىندلأا دحلا نوفوتسی لا نیذلا ةیملاسلإا ةینیدلا ةیبرتلا يملعم نم دیدعلا ك . ةبولطملا ةیمیداكلأا تلاھؤملا :ةیحاتفملا تاملكلا ةینیدلا ةیبرتلا ، میوقتلا ةدوج ، لعافتلا ةدوج ، ذیفنتلا ةدوج ، طیطختلا ةدوج ةیملاس

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:33
Last Modified: 02 Mar 2022 06:44
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17886

Actions (login required)

View Item View Item