PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

AGUS, HENDRA (2022) PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover bab 1, bab 5 Dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Agus full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Perkembangan teknologi digital memungkinkan para pelaku UKM untuk memasarkan produknya secara online dan melakukan transaksi melalui sistem perbankan secara onlin. Perkembangan teknologi digital telah mengubah pemasaran dari usaha kecil dan menengah (UKM) yang semula dilakukan secara konvensional menjadi secara digital dengan memanfaatkan penggunaan media sosial dan penggunaan website untuk memasarkan produk mereka Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap pertumbuhan UMKM di Kota Bandar Lampung dan implikasinya pada keunggulan bersaing UKM tersebut berdasarkan persepsi konsumennya. Penelitian ini bersifat kuantitatif dimana data yang dihasilkan berbentuk angka. Adapun teknik pengumpulan sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 100 sampel usaha mikro kecil menegah (UMKM) yang telah menggunakan digital marketing. Teknik analisis data yang diperoleh, menggunakan software SPSS 20.0. Diantaranya analisis deskriptif, uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis mengunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pemanfaatan digital marketing terhadap pendapatan UMKM Kota Bandar Lampung dalam perspektif Ekonomi Islam maka dapat peneliti simpulkan bahwa Berdasarkan hasil perhitungan statistik menunjukan bahwa pemanfaatan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM Kota Bandar Lampung. Menurut pandangan Ekonomi Islam digital marketing sama saja dengan pemasaran offline asalkan tidak menyimpang dari ajaran syariat Islam seperti adanya riba, penipuan dan sebagainya. Kata Kunci: Pengaruh, Digital Marketing, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:19
Last Modified: 18 Feb 2022 03:19
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17677

Actions (login required)

View Item View Item