PUSPITA, BAITY (2022) STRATEGI PENDIDIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan pendidik untuk menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (Kualitatif Deskriptif). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya temuan data hasil penelitian dianalisis melalui serangkaian analisis kualitatif, seperti melakukan pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar yaitu adanya faktor internal meliputi: minat peserta didik, motivasi, serta kurangnya disiplin diri dalam belajar. Selain faktor internal terdapat juga faktor eksternal seperti: sarana dan prasarana, lingkungan, serta kurikulum. Lalu strategi pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada masa pandemic covid-19 di MIN 2 Bandar Lampung adalah dengan memberikan motivasi dan melakukan pendekatan kepada peserta didik ataupun wali murid, menggunakan media pembelajaran, membuat ringkasan materi dan memberikan latihan. Kata Kunci: Kesulitan belajar, Matematika, Strategi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 02:44 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 02:44 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |