Basirun, B (2017) SUPERVISI KEPALA MADRASAH ALIYAH RAUDLATUL HUDA AL ISLAMY KABUPATEN PESAWARAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Microsoft Word
Download (17kB) |
|
Microsoft Word
Download (36kB) |
|
Microsoft Word
Download (75kB) |
|
Microsoft Word
Download (33kB) |
|
Microsoft Word
Download (63kB) |
|
Microsoft Word
Download (26kB) |
|
Microsoft Word
Download (137kB) |
|
Microsoft Word
Download (157kB) |
|
Microsoft Word
Download (15kB) |
|
Microsoft Word
Download (18kB) |
|
Microsoft Word
Download (15kB) |
|
Microsoft Word
Download (16kB) |
|
Microsoft Word
Download (15kB) |
|
Microsoft Word
Download (21kB) |
|
Microsoft Word
Download (18kB) |
|
Microsoft Word
Download (15kB) |
|
Microsoft Word
Download (18kB) |
|
Microsoft Word
Download (12kB) |
|
Microsoft Word
Download (169kB) |
Abstract
Supervisi akademik kepala madrasah merupakan salah satu program penting yang harus dilaksanakan oleh kepala madrasah untuk meningkatan kompetensi guru. Peningkatan kompetensi guru merupakan suatu keharusan bagi lembaga pendidikan yang ingin tetap survive sepanjang masa, karena guru pada lembaga pendidikan merupakan kunci utama keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Terkait pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah, peneliti melakukan prasurvey di Madrasah Aliyah Raudlatul Huda Al Islamy Kabupaten Pesawaran. Prasurvey dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan kegiatan supervisi akademik oleh kepala madrasah. Berdasarkan informasi yang diperoleh pada saat pra research kepala Madrasah Aliyah Raudlatul Huda Al Islamy mengatakan bahwa supervisi akademik kepala madrasah mutlak untuk dilaksanakan terhadap para guru. Untuk mendapatkan hasil supervisi akademik yang baik diperlukan manajemen yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis: Pertama, Bagaimana Perencanaan supervisi Kepala Madrasah Aliyah Raudlatul Huda Al Islamy, Kedua, Bagaimana Pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah Aliyah Raudlatul Huda Al Islamy, Ketiga, Bagaimana Tindak lajnut supervisi Kepala Madrasah Aliyah Raudlatul Huda Al Islamy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di MA Raudlatul Huda Al Islamy Kabupaten Pesawaran. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala MA Raudlatul Huda Al Islamy Kabupaten Pesawaran. Informan dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan tenaga tata usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas yakni trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, Perencanaan supervisi akademik kepala madrasah, dilaksanakan melalui rapat kerja madrasah dengan melibatkan wakil kepala madrasah, dan guru. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyusun rencana yang lebih berkualitas dan menimbulkan komitmen tugas dalam proses perencanaan supervisi akademik. Dalam kegiatan perencanaan sebagaimana dilaksanakan di Madrasah Aliyah Raudlatul Huda Al Islamy telah menghasilkan rencana-rencana tertulis yang dijadikan pedoman pelaksanaan supervisi akademik. Kedua, Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan dalam rapat kerja madrasah. Adapun Teknik supervisi akademik yang digunakan yaitu melalui kegiatan kunjungan kelas, observasi kelas dan bimbingan individual. Ketiga, Tindak lanjut hasil supervisi akademik kepala madrasah yaitu dengan mendiskusikan hasil supervisi, menganalisis hasil supervisi dan memberikan pembinaan kepada guru baik pembinaan secara langsung maupun pembinaan secara tidak langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | HAMID FAHMI FAHMI |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 04:20 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 04:20 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1753 |
Actions (login required)
View Item |