Gusti, Kirana Mahardika (2022) GAGASAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG PLURALISME DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan zaman di era sekarang ini memiliki berbagai macam tantangan, termasuk tantangan dalam menghadapi pemikiran radikal seperti egois, tertutup (eksklusif), intoleran, dan berorientasi pada kesalahan personal yang dapat memecah belah kebhinekaan dan persatuan. Abdurrahman Wahid melalui ide-ide cemerlangnya khususnya dalam pemikiran pluralismenya akan penulis hubungkan dalam Pendidikan Islam sehingga akan ada pemikiran baru untuk menghadapi tantangan yang banyak terjadi di Negara yang kaya akan keberagaman ini. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan Bagaimana Gagasan Abdurrahman Wahid tentang Pluralisme? Dan Bagaimana Relevansinya Gagasan Abdurrahman Wahid tentang Pluralisme dengan Pendidikan Islam. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan yang datanya diperoleh dari berbagai karya tulisan Abdurrahman Wahid terkait Pendidikan Pluralisme. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research), dengan mengambil ide pemikiran Abdurrahman Wahid. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filososfis dan historis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumen-dokumen yang telah ada. Penelitian ini menunjukkan bahwa menurut Abdurrahman Wahid Pluralisme merupakan cara untuk menerima perbedaan sebagai sunnahtullah agar saling mengenal, menghindari perpecahan, mengembangan kerjasama dengan menanamkan rasa saling pengertian, saling memiliki dan bersikap inklusif, tidak membatasi pergaulan dengan siapapun, namun tetap meyakini kebenaran agama sendiri dengan tidak mempersamakan keyakinan secara total. Dalam relevansinya dengan pendidikan islam, pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Pluralisme memiliki keserasian yaitu berorientasi pada terbentuknya kepribadian serta akhlak yang luhur dengan berdasarkan al-Qur’an dan al-Hadits, serta mengupayakan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi pada peserta didik sejak dini yang berkelanjutan dengan mengembangkan rasa saling pengertian dan memiliki terhadap umat agama lain. Kata Kunci : Gagasan Abdurrahman Wahid, Pluralisme, Pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:54 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:54 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |