Afandi, Radefa (2022) EKSPERIMENTASI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KOTABUMI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Motivasi menjadi sorotan penting baik dalam dunia pendidikan maupun kehidupan dalam bermasyarakat yang mengharuskan orang untuk patuh pada aturan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan motivasi belajar peserta didik di SMA N 1 Kotabumi dengan menggunakan bimbingan belajar teknik Self instructions. Berdasarkan data pra-penelitian diperoleh data bahwa terdapat peseta didik yang memiliki motivasi belajar rendah di sekolah. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain yang digunakan adalah AB, Subjek dalam penelitian ini adalah seoarang peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai peserta didik yang dalam kategori memiliki motivasi belajar rendah. Alat instrumentasi penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan rendahnya motivasi belajar subjek pada saat fase baseline (A) dan fase intervensi (B) mengalami perbedaan. Pada saat baseline (A) skor mencapai angka hingga 26. Sedangkan pada fase intervensi (B) pada pertemuan ke-tiga perilaku kurang disiplin subjek mengalami penurunan skor sebesar 20 hingga akhir intervensi mengalami penurunan hingga skor sebesar 14. Kata Kunci : Konseling Self Instructions, Rendahnya Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 04:02 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 04:02 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |