IMPLEMENTASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MODEL BELAJAR FULL DAY SCHOOL DI SDIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

ABID, MAULANA RACHMAN (2022) IMPLEMENTASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MODEL BELAJAR FULL DAY SCHOOL DI SDIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala dan solusi mengatasi kendala penerapan sistem pembelajaran “full day school” untuk meningkatkan religiusitas peserta didik di SDIT Baitul Janah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Informan adalah kepala sekolah, guru dan siswa di lingkungan SDIT Bandar Lampung. Tempat dan peristiwa Proses penerapan sistem pembelajaran “full day school” adalah SDIT Baitul Janah Bandar Lampung. Dokumen yang menjadi sumber data adalah segala dokumen baik berupa foto, file, maupun lembaran yang berkaitan dengan pembelajaran di SDIT Baitul Janah Bandar Lampung. Data yang diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan, dan data yang diperoleh melalui dokumen perencanaan pembelajaran, dan berdasarkan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yang merupakan gabungan dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, 1) SDIT Baitul Janah Bandar Lampung sudah merencanakan pembelajaran dengan mengembangkan dan mengelola pembelajaran dalam sistem full day school dengan baik serta didukung perencanaan yang dilakukan guru yang baik . 2) Pelaksanaan pembelajaran terpadu dan seimbang dalam full day school sudah berjalan sangat baik dengan tujuan mencetak generasi sholih (meningkatkan religiusitas) dan berprestasi 3) Evaluasi yang dilaksanakan pada sistem pembelajaran fun & full day school untuk meningkatkan religiusitas peserta didik telah menggunakan jenis dan teknik penilaian yang beragam. 4) Kendala yang dihadapi pada penerapan sistem pembelajaran full day school berasal dari dua sumber, yaitu dari guru dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:28
Last Modified: 14 Jan 2022 04:28
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17121

Actions (login required)

View Item View Item