Indri, Febriana (2022) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI PULAU PANGGUNG DESA PULAU PANGGUNG KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI PULAU PANGGUNG DESA PULAU PANGGUNG KABUPATEN LAMPUNG UTARA Oleh Indri Febriana 1711100068 Guru merupakan faktor eksternal yang penting dalam pendidikan karena terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran, pembentukan dan pengembangan intelektual serta kepribadian siswa. Baik atau tidaknya kualitas pendidika akan terlihat dari kinerja dan kompetensi guru sebagai pendidik yang melaksanakan proses pembelajaran. Guru harus memiliki kemampuan yang diperlukan untuk mendidik dan mengajar. Oleh karena itu penting bagi guru untuk memiliki kompetensi pedagogik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengdeskripsikan dan menganalisis kompetensi pedagogic guru dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 01 Pulau Panggung Desa Pulau Panggung Kabupaten Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kompetensi pedagogik dalam pembelajaran Tematik kelas V di SD Negeri Pulau Panggung sesuai dengan 7 aspek penguasaan kompetensi pedagogik guru telah dilaksanakan dan dikuasai. Dibuktikan dengan aspek-aspek yang telah dikuasai, yaitu aspek menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, aspek kegiatan pembelajaran yang mendidik,aspek pengembangan potensi peserta didik, aspek komunikasi dengan peserta didik, dan aspek penilaian dan evaluasi.Dalam pembelajaran Tematik terdapat problematika sesuai dengan 7 aspek penguasaan dalam kompetensi pedagogic guru mennyatakan bahwa ada beberapa aspek yang terdapat problematika, aspek tersebut yaitu aspek menguasai karakteristik peserta didik, aspek pengembangan kurikulum. Dari kedua aspek yang terdapat adanya problematika menjadikan kegiatan pembelajaran terhambat, sehingga tujuan dalam pembelajaran belum berjalan dengan maksimal. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 07:16 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 07:16 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |