M.maulana , M.maulana (2017) Implementasi manajemen mutu berbasis madrasah tsanawiah Negri Mts N 2 Tanggamus. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (365kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (5MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (25kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (364kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (323kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (155kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (424kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (70kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan suatu pendidikan tidak terlepas dari pengelolaan dan pengimplementasian manajemen mutu pendidikan itu sendiri, khususnya pada manajemen mutu berbasis madrasah. Pengelolaan ini ditujukan untuk membantu proses pembelajaran demi tercapainya Visi dan Misi Madrasah. Dari temuan diperoleh data bahwa dalam pengelolaan manajemennya kepala Madrasah bekerjasama dengan guru dan staf dalam menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program yang telah direncanakan madrasah sebelumnya. Dari aspek manajemen mutu madrasah apakah karakteristik manajemen mutu berbasis madrasahnya telah sesuai dengan aspek aspek didalamnya, mengingat dalam hal ini Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 tanggamus menjadi salah satu sekolah unggulan dikabuaten Tanggamus khususnya pada tingkat Madrasah Tsanawiyah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan proses belajar mengajar di MTs Negeri 2 tanggamus? Bagaimanakah pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan di MTs Negeri 2 tanggamus? Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi manajemen mutu berbasis madrasah pada proses efektifitas pembelajaran dan efektifitas pengelolaan teanaga pendidik dan kependidikan MTs Negeri 2 tanggamus? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah Kepala sekolah, wakil serta dewan guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tanggamus serta dokumen dokumen kurikulum yang berkaitan dengan manajemen mutu madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya merupakan teknik analisis kualitatif dengan langkah langkah mengumpulkan data, mengkatagorikan data, mereduksi data, menyajikan data dan menagnalisi data sesuai dengan fokus dan subfokus penelitian ini kemudian menarik kesimpulan dari data tersebut. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi manajemen mutu pendidikan berbasis madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tanggamus didapat hasil analisis yang menunjukkan (1) efektifitas proses pembelajaran yang berjalan dengan direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan dan dikendalikan serta dievaluasi dengan baik (2) pengelolaan Tenaga pendidik dan kependidikan yang dimulai secara menyeluruh dan berkesinambungan mulai dari tenaga pendidik dan kependidkan melalui proses perencanaan sumber daya manusia, perekrutan, seleksi, penempatan, pemberian kompensasi, penghargaan, pembinaan dan latihan/pengembangan, dan pemberhentian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 02:08 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 02:08 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1676 |
Actions (login required)
View Item |