WIWIN, OKTASARI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA SAINS BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS III SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (14MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga SAINS Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Siswa Kelas III SD/MI Oleh Wiwin Oktasari Penelitian ini, merupakan penelitian pengembangan media ular tangga sains berbasis aplikasi android untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA Peserta didik kelas III SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kelayakan media dan materi, untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik setelah mengggunakan media ular tangga sains berbasis aplikasi android ini. Serta berupaya untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA kelas III SD/MI. Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan beberapa tahapan menganalisis(analysis), mendesain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan mengevaluasi (evaluation). Sebelum media digunakan dilakukannya validasi, validasi yang dilaukan oleh dua ahli media, dua ahli materi, dua respon pendidik dan peserta didik uji skala kecil dan uji skala besar. Uji skala kecil yang dilakukan di MIN 3 Bandar Lampung dengan dua puluh peserta didik, dan uji skala besar yang dilakukan di SD Negeri 1 Wonosobo dengan lima puluh enam delapan peserta didik. Berdasarkan tahapan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media ular tangga sains berbasis aplikasi android pada muatan pembelajaran IPA materi pertumbuhan dan perkembangbiakan makhluk hidup memperoleh rata-rata ahli media sebelum revisi mencapai 76,8% dikategorikan layak, setelah direvisi mencapai peningkatan dengan rata-rata 81,9 dengan kriteria “sangat layak”. Penilaian oleh ahli materi ahli materi mencapai 82,5% dengan kategori “sangat layak”, penilaian pendidik mencapai rata-rata 91% dikategorikan “sangat layak”. Sedangkan penilaian yang diberikan oleh peserta didik dalam uji coba skala kecil mencapai 90% dan uji coba skala besar mencapai 93,8% dengan dikategorikan “sangat baik”. Adapun penilaian mengenai pemahaman konsep peserta didik sebelum menggunakan dalam uji skala kecil dengan jumlah pendidik dua puluh mendapat peningkatan mulai 74,5 menjadi rata-rata nilai 78,1 dan uji skala besar dengan dua puluh delapan peserta didik mengalami peningkatan mulai dari rata-rata 71,1 menjadi 73,3. Maka dapat dikatakan bahwa media dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga Sains, Pemahaman Konsep IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 07:04 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 07:04 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |