PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SD/MI

SUCI, AYU NINGRUM (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SD/MI Oleh Suci Ayu Ningrum Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengembangkan media pembelajaran yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis multimedia interaktif articulate storyline untuk peserta didik SD/MI. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis multimedia interaktif articulate storyline untuk peserta didik SD/MI. (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis multimedia interaktif articulate storyline. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan atau yang lebih dikenal dengan Reseaccrh and Development dengan menggunakan model ADDIE dan dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Berdasarkan penelitian pengembangan media pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada mta pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata-rata dari ahli media sebesar 79,25% dengan kriteria layak, nilai rata-rata ahli materi sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, nilai rata-rata ahli bahasa sebesar 88,3% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian respon pendidik memperoleh nilai rata-rata sebesar 87% dengan kriteria sangat layak, tahap uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata- rata presentase sebesar 77% dengan kriteria layak, dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata presentase sebesar 87% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan uraian di atas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak digunakan. Kata kunci: Penelitian, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2021 07:22
Last Modified: 30 Nov 2021 07:22
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16563

Actions (login required)

View Item View Item