KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DI MTs ROUDLOTUL HUDA PURWOSARI

LULUK, ANISAH (2021) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DI MTs ROUDLOTUL HUDA PURWOSARI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LULUK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala madrasah hendaknya memahami betul apa yang menjadi tugas dan perannya di dalam madrasah. Jika kepala madrasah mampu memahami tugas dan perannya sebagai pemimpin, kepala madrasah akan mudah dalam menjalankan tugasnya, terutama berkenaan dengan manajemen madrasah yang akan dikembangkannya. Bekal keterampilan dalam memahami kompetensi sebagai seorang kepala madrasah ini akan menjadi bekal dalam pelaksanaannya yang harus dilakukannya. Kepala madrasah sebagai manajer seharusnya juga mampu memahami indikator-indikator keterampilan manajerial kepala madrasah, baik keterampilan konsep, keterampilan manusiawi, maupun ketempilan teknik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana keterampilan manajerial kepala madrasah di MTs Roudlotul Huda Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalam hal ini mengamati keterampilan manajerial kepala MTs Roudlotul Huda Purwosari. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum dan guru MTs Roudlotul Huda Purwosari. Data sekunder berupa data teoritis, data dokumentasi dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen madrasah. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : keterampilan konseptual sebagai kepala madrasah harus memikirkan konsep seperti apa untuk kedepannya secara matang agar proses berjalan dengan lancar. Didalam pembelajaran berisi rancangan kerja misalnya 2-5 tahun kedepan akan seperti apa madrasah ini. Kepala madrasah selalu melibatkan bawahannya dalam mengambil keputusan melalui musyawarah; pada keterampilan manusiawi kepala madrasah melakukan : (1) menjalin hubungan kerjasama dengan guru. (2) menjalin komunikasi dengan guru. Komunikasi sangat penting dilakukan oleh kepala madrasah agar program madrasah dapat dipahami secara baik oleh guru, (3) membangun semangat atau moral kerja guru, (4) memberikan bimbingan dan bantuan dalam menyelesaikan masalah, kepala madrasah memberikan bimbingan dan bantuan sebagai upaya untuk memecahkan masalah yang sedang iidihadapi oleh dewan guru; keterampilan teknis di MTs Roudlotul Huda Purwosari terdapat 3 teknik yaitu (1) teknik lisan dan tulisan, teknik yang dilalukan dengan cara tatap muka di dalam kelas, (2) teknik perorangan atau individu, teknik yang dilakukan oleh guru yang menyampaikan materi di depan kelas (3) teknik kelompok, guru membagi tugas menjadi grup atau kelompok untuk melaksanakan kerjasama untuk mencapai tujuan pembelajaran didalam kelas. Kata Kunci : Keterampilan Manajerial, Kepala Madrasah iiiABSTRACT The head of the madrasa should understand very well what his duties and roles are in the madrasa. If the head of the madrasa is able to understand his duties and role as a leader, the head of the madrasa will find it easy to carry out his duties, especially with regard to the management of the madrasa he will develop. The provision of skills in understanding competence as a madrasa principal will be a provision in the implementation that must be done. The principal as a manager should also be able to understand the indicators of the principal's managerial skills, both conceptual skills, human skills, and technical skills. This study aims to describe how the managerial skills of the madrasah principal at MTs Roudlotul Huda Purwosari. This study uses a qualitative descriptive method, in this case observing the managerial skills of the head of MTs Roudlotul Huda Purwosari. This study uses data collection techniques by means of interviews, observation, and documentation. The primary data in this study were the head of the madrasa, the waka of the curriculum and the teacher of MTs Roudlotul Huda Purwosari. Secondary data in the form of theoretical data, documentation data and other supporting data obtained from madrasa documents. Test the validity of the data by triangulation of sources, data analysis in this study using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that: conceptual skills as a madrasa principal must think about what kind of concept for the future carefully so that the process runs smoothly. In learning contains a work plan, for example, in the next 2-5 years, what will this madrasa be like. The head of the madrasa always involves his subordinates in making decisions through deliberation; on the human skills of the madrasah principal to: (1) establish a cooperative relationship with the teacher. (2) establish communication with teachers. Communication is very important by the head of the madrasa so that the madrasa program can be understood well by the teacher, (3) builds the spirit or morale of the teacher, (4) provides guidance and assistance in solving problems, the principal provides guidance and assistance as an effort to solve problems that arise. being faced by the teacher council; Technical skills at MTs Roudlotul Huda Purwosari there are 3 techniques, namely (1) oral and written techniques, techniques that are carried out face-to-face in class, (2) individual or individual techniques, ivtechniques carried out by teachers who deliver material in front of the class ( 3) group technique, the teacher divides tasks into groups or groups to carry out cooperation to achieve learning objectives in the classroom. Keywords: Managerial Skills, Head of Madrasah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2021 05:15
Last Modified: 02 Nov 2021 05:15
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16215

Actions (login required)

View Item View Item