ATIKA, MARSELA (2021) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SD IT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kepala sekolah menjadi faktor utama yang mampu menggerakkan seluruh tenaga pendidikan di lingkungan sekolah agar tercapainya mutu pendidikan, kompetensi kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap cara kepala sekolah dalam memimpin organisasi yang dipimpinnya, dalam hal ini, semakin tinggi kompetensi yang dimiliki oleh kepala sekolah maka akan semakin baik juga mutu pendidikannya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti akan SD IT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung yang memiliki integritas unggul dan sekolah yang menjadi “Qur’anic Center Program”, keunggulan ini tidak terlepas dari peran kepala sekolah sebagai pemimpin. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai kompetensi manajerial kepala sekolah khususnya di SD IT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi manajerial kepala sekolah SD IT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung khususnya dalam menyusun perencanaan sekolah, memimpin pendidik dan tenaga pendidik, mengelola pendidik dan tenaga pendidik serta menciptakan budaya dan iklim sekolah yang optimal, kreatif, inovatif bagi pembelajaran peserta didik. Teknik pegumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data menggukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, kompetensi kepala sekolah SD IT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik dalam hal : (1) menyusun perencanaan sekolah, SD IT Muhammadiyah menyusun perencanaan setiap tahun sebelum tahun ajaran baru dan melibatkan seluruh tenaga pendidik dan pendidik di lingkungan sekolah, (2) memimpin pendidik dan tenaga pendidik mengoptimalkan seluruh kompetensi yang ada dilingkungan sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah dibantu oleh seluruh warga sekolah, (3) mengelola pendidik dan tenaga pendidik, untuk meningkatkan kualitas pendidik kepala sekolah melakukan pelatihan serta evaluasi kepada para pendidik dan tenaga pendidik di sekolah, melihat masih terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki oleh pendidik dalam hal kompetensi mengajar sehingga diperlukan perbaikan dengan senantiasa mengikuti pelatihan yang diadakan, agar hasil pembelajaran maksimal (4) menciptakan budaya dan iklim yang kondusif bagi pembelajaran peserta didik, dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik untuk kenyamanan proses belajar mengajar serta memberikan metode belajar yang unik sehingga proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 08:02 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:02 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16090 |
Actions (login required)
View Item |