PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERINTEGRASI NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARANTEMATIK KELAS II SD/MI

Dwi, Hartina (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERINTEGRASI NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARANTEMATIK KELAS II SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERINTEGRASI NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SD/MI Oleh Dwi Hartina 1611100054 Penelitian ini dilatar belakangi terbatasnya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan kurang menampilkan prilaku disiplin dan tanggung jawab, dimana untuk di masa sekarang ini kurangnya rasa tanggung jawab dan disiplin bagi peserta didik dalam mengerjakan tugas- tugas sekolah dengan baik, berangkat kesekolah tepat waktu, mentaati peraturan sekolah serta kurangnya rasa tanggung jawab peserta didik untuk mengerti apa yang menjadi tanggung jawab mereka baik di rumah maupun di sekolah. Oleh karena itu yang dibutuhkan yaitu bahan ajar yang menarik yang dapat memberikan contoh-contoh nyata dan konkret terkait materi dan perilaku disiplin dan tanggung jawab. Seperti Menurut Piaget anak usia sekolah dasar (7-11 th) berada pada tahap operasional konkret, hal ini menunjukan bahwa peserta didik lebih mudah memahami contoh- contoh yang nyata dan konkret didalam menerima materi pembelajaran. Dari permasalahan yang ada maka dikembangkan buku cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan model ADDIE dengan menggunakan lima langkah tahapan yaitu analisys, design, development, implementation dan evaluasi. subyek dari penelitian ini adalah peserta didik SDN 01 Negara Tulang Bawang dan SDN 01 Tulang Bawang Baru. Instrument pengumpul data yang digunakan berupa angket respon pendidik serta angket untuk melihat kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil validasi pada buku cerita bergambar oleh ahli bahasa memperoleh rata-rata presentase 87,5% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh rata-rata presentase 84% dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh rata- rata presentase 84% dengan kategori sangat layak. Penilaian pada respon pendidik memperoleh rata-rata presentase 84% dengan kategori sangat layak, iidan respon peserta didik pada uji coba skala kecil di SDN 01 Negara Tulang Bawang memperoleh rata-rata presentase 81,62% dengan kategori sangat layak serta pada uji coba skala besar di SDN 01 Tulang Bawang Baru memperoleh rata-rata presentase 81,85% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa buku cerita bergambar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Bahan Ajar, Buku Cerita Bergambar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:09
Last Modified: 21 Oct 2021 03:09
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item