DIAH, INTAN LESTARI (2021) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Rendahnya penguasaan keterampilan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN MargaKaya Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media flash card. 2) untuk mengetahui ketepatan siswa dalam memperhatikan aspek penulisan ejaan, tanda baca, pilihan kata, organisasi isi. 3) kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam penulisan karangan deskripsi menggunakan media flash card. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil analisis pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media flash card meliputi: pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sudah maksimal, didapatkan 1 orang siswa mendapatkan skor dalam kategori sangat baik, 3 siswa dengan kategori baik, 3 siswa dengan kategori cukup, dan 4 siswa dengan kategori kurang. Adapun kesulitan yang ditunjukkan siswa pada saat penulisan karangan deskripsi menggunakan media flash card ialah penggunaan tanda baca, pemakaian huruf besar, ejaan yang sesuai EYD, dan kesulitan dalam penulisan pemenggalan ejaan pada kata. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan siswa terhadap aspek- aspek penulisan. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Media Pelajaran, Media Flash Card
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 03:51 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 03:51 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15749 |
Actions (login required)
View Item |