LEARNING ORGANIZATION PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN TULUNGAGUNG PROVINSI JAWA TIMUR

ALI, MASHAR (2021) LEARNING ORGANIZATION PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN TULUNGAGUNG PROVINSI JAWA TIMUR. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER s.d DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of DISERTASI ALI MASHAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Learning Organization Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur Oleh : ALI MASHAR MAN 1 dan MAN 3 Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur melakukan transformasi melalui Learning Organization, sehingga madrasah mampu terusmenerus melakukan self learning dalam merespon beragam perubahan yang muncul. Tujuan penelitian ini untuk melihat system thinking, personal mastery, mental models, shared vision dan, team learning pada madrasah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah MAN 1 dan MAN 3 Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan hasil penelitian 1) system thinking pada MAN di Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur dalam Perumusan visi dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan seluruh stakeholder untuk melihat peluang dan tantangan, 2) personal mastery terlihat dari kepala madrasah yang visioner sebagai pelatih profesional agar mampu mengembangkan profesionalisme orang- orang yang dipimpinnya melalui berbagai program pendidikan, pelatihan dan menciptakan budaya “greget“, 3) mental models pada MAN di Kabupaten Tulungagung melaksanakan human relations, memupuk rasa kekeluargaan dan persatuan, membangun semangat tenaga kependidikan menjalankan tugas dan mengembangkan potensi akademiknya, 4) shared vision pada MAN di Kabupaten Tulungagung dengan membangun iklim madrasah untuk menumbuhkan konsistensi pada praktik mewujudkan visi dan ditranformasikan kepada team work mealalui struktur organisasi madrasah, 5) team learning pada MAN di Kabupaten Tulungagung dengan menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga dan mewujudkan visi kedalam beberapa program prioritas atau unggulan. Rekomendasi model spirit Learning organization Madrasah Aliyah menjadikan ikhlas beramal menjadi spirit/ ruh setiap warga madrasah. “ikhlas beramal” mesti terpatri dalam pola pikir dan tertanam dalam hati sanubari serta mengejawantah dalam sikap, perilaku dan budaya madrasah. Kata kunci : Learning Organization, Madrasah Aliyah viiABSTRACT Learning Organization at Islamic High School (MAN) Tulungagung Regency, East Java Province By: ALI MASHAR MAN 1 and MAN 3 Tulungagung Regency, East Java Province, done a transformation through the Learning Organization, so that schools were able to continuously do self-learning in response to the various changes that had emerged. The purpose of this study is to look at the thinking system, personal mastery, mental models, shared vision, and team learning at the schools. This research is field research using a qualitative approach while the data was collected by observation, interviews, and documentation. The research locations were in MAN 1 and MAN 3, Tulungagung Regency, East Java Province. The results of this study are: 1) System Thinking in MAN in Tulungagung Regency, East Java Province in the vision formulation for MAN in Tulungagung Regency, East Java Province is done jointly by involving all stakeholders in seeing opportunities and challenges. 2) Personal mastery can be seen from the visionary headmaster of Islamic High School is a professional trainer to be able to develop the professionalism of the people he leads through various education and training programs and creates a “tough” culture. 3) Mental models at MAN in Tulungagung Regency implements human relations, fosters a sense of kinship and unity, builds the enthusiasm of the educational staff to do their duties, and develops their academic potential. 4) Shared vision at MAN in Tulungagung Regency is in building an Islamic High School’s climate to foster consistency in realizing the vision and being transformed into teamwork through the Islamic High School organizational structure. 5) Team learning at MAN in Tulungagung Regency is by collaborating with various institutions and realizing the vision into several priority programs or featured. The researcher recommends the Islamic High School learning organization spirit model to make sincere charity the spirit of every Islamic High School member. “Sincere charity” must be embedded in the mindset and the inner heart and manifested in the attitude, behavior, and culture of the Islamic High School. Keywords: Learning Organization, Islamic high school viiiديرتج ةيموكلحا ةيوناثلا ةسردلما في ةملعتلما ةظنلما ةيقرشلا ةواج ةقطنلما غنوغاغنولوت يسنيجرلا رهشم يلع ةقطنلما غنوغاغنولوت يسنيجرلا في 3 ةيموكلحا ةيوناثلا ةسردلما و 1 ةيموكلحا ةيوناثلا ةسردلما تماق نم اتنكتم ثيبح ،)Learning Organization( ملعتلا ةمظنم للاخ نم لوحتلبا ةيقرشلا ةواج ىلع ةرظن وه ثحبلا اذه نم ضرغلا ناك .ةئشانلا ةفلتخلما تايريغتلل ةباجتسا تياذلا ملعتلا في رارمتسلاا اذه .ةسردلما في يعاملجا ملعتلاو ،ةكترشلما ةيؤرلاو ،ةيلقعلا جذامنلاو ،يصخشلا نكمتلاو ،يركفتلا ماظن ةمدختسلما تناايبلا عجم تاينقتلاو .يعون جهنبم )field research( نياديلما ثحبلا نم عون وه ثحبلا ةسردلما و )MAN 1( 1 ةيموكلحا ةيوناثلا ةسردلما في ثحبلا ءارجإ تم .قيثوتلاو ةلباقلماو ةظحلالما يه .)MAN 3( 3 ةيموكلحا ةيوناثلا ةقطنلما غنوغاغنولوت يسنيجرلا ةيموكلحا ةيوناثلا ةسردلما في يركفتلا ماظن )1 :يه ثحبلا اذه جئاتن ةيؤر في ةحلصلما باحصأ عيجم كارشإ للاخ نم كترشم لكشب ينتسردملل ةيؤر ةغايص في ةيقرشلا ةواج ريوطت نم نكمتيل افاترمح بااردم لمالحا ةسردلما ريدم نوك في يصخشلا نكمتلا رهظ )2 .تيادحتلاو صرفلا جذامنلا قيبطت )3 ."ةسمحتلما" ةفاقثلا عضوو ةفلتخلما بيردتلاو ميلعتلا جمارب للاخ نم هئاضعأ ةيفاترحا ميلعتلا يفظوم ساحم ءانبو ،ةدحولاو ةبارقلبا روعشلا زيزعتو ،ةيناسنلإا تاقلاعلا ءانبل ينتسردملل ةيلقعلا زيزعتل ةسردلما خانم ءانبب ينتسردملل ةكترشلما ةيؤرلا )4 .ةييمداكلأا مهتيلعاف ريوطتو متهابجاوب مايقلل ذيفنت متي )5 .ةسردملل يميظنتلا لكيلها للاخ نم يعاملجا لمعلل اهليصوت متي ةيؤر قيقتح في قاستلاا جمابرلا نم ديدعلا في ةيؤرلا قيقتحو ةفلتخلما تاسسؤلما عم نواعتلا للاخ نم ينتسردلما في يعاملجا ملعتلا راعشلا" ينتسردملل ةملعتلما ةمظنلما في جذومنلا ورب ةيصوتلبا ثحابلا ماق .ةقوفتلما وأ ةيولولأا تاذ نأو ةيلقعلا نم أزجتي لا ااءزج ورلا كلت نوكت نأ بيج .ةسردلما عمتمج لكل احا ور "لمعلا في قداصلا .مهتفاقثو مهكولسو ةسردلما عمتمج فقوم في ىلجتت نأو بلقلا نم أزجتي لا ااءزج نوكت ةيوانثلا ةسردلما ،ةملعتلما ةمظنلما :ةيحاتفلما تاملكلا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:39
Last Modified: 10 Sep 2021 04:39
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item