NOPALIASARI, Npl (2021) PERAN HIMPAUDI DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang peran Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) dalam pelaksanaan PAUD, khususnya dalam hal: 1) Untuk mengetahui peran HIMPAUDI dalam mensosialisasikan pentingnya kualifikasi Pendidikan S1 kepada pendidik PAUD. 2)Untuk mengetahui bagaimana peran HIMPAUDI dalam Pembinaan dan Pengembangan pendidik PAUD melalui diklat berjenjang. 3)Untuk mengetahui bagaimana peran HIMPAUDI dalam menampung, memperjuangkan dan mewujudkan aspirasi para pendidik PAUD untuk mendapatkan kesejahteraan, 4) Untuk mengetahui bagaimana Peran HIMPAUDI dalam memfasilitasi pelatihan bagi pendidik PAUD melalui pengiriman pelatihan tingkat nasional. Temuan analisis tulisan ini yaitu: 1) peran HIMPAUDI dalam mensosialisasikan pentingnya kualifikasi Pendidikan S1 kepada pendidik PAUD melalui berbagai cara yaitu memberikan masukan kepada pendidik PAUD untuk mengikuti program kuliah S1 PAUD di Perguruan Tinggi yang ada di kota Bandar Lampung; 2) dalam Pembinaan dan Pengembangan pendidik PAUD melalui diklat berjenjang diharapkan pendidik PAUD mau mengikuti Diklat Berjenjang secara swadaya; 3) HIMPAUDI telah memperjuangkan para pendidik untuk memperoleh insentif, baik yang diterima dari Pemerintah maupun usaha yang dikembangkan oleh HIMPAUDI; dan 4) Peran HIMPAUDI dalam memfasilitasi pelatihan bagi pendidik PAUD melalui pengiriman pelatihan tingkat nasional melalui pengurus Daerah maupun Kota yang sesuai dengan ketentuan pusat. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kata Kunci: HIMPAUDI SDM Pendidik PAUDAbstarct The purpose of this paper is to obtain data and information on the role of the Association of Indonesian Early Childhood Educators and Education Personnel (HIMPAUDI) in the implementation of early childhood education, particularly in terms of: 1) To find out the role of HIMPAUDI in disseminating the importance of undergraduate education qualifications to PAUD educators. 2) To find out how HIMPAUDI's role is in the guidance and development of early childhood educators through tiered training. 3) To find out how HIMPAUDI's role is in accommodating, fighting for and realizing the aspirations of PAUD educators for welfare, 4) To find out how HIMPAUDI's role is in facilitating training for PAUD educators through the delivery of national level training. The findings of the analysis of this paper are: 1) the role of HIMPAUDI in disseminating the importance of undergraduate education qualifications to PAUD educators through various means, namely providing input to PAUD educators to take part in the S1 PAUD program at universities in Bandar Lampung; 2) in the guidance and development of early childhood educators through tiered education and training, it is expected that PAUD educators will participate in the Tiered Education and Training independently; 3) HIMPAUDI has fought for educators to get incentives, both received from the government and businesses developed by HIMPAUDI; and 4) The role of HIMPAUDI in facilitating training for PAUD educators by sending training at the national level through regional and city administrators in accordance with central regulations. The methods used are observation, interview and documentation. Keywords: HIMPAUDI PAUD Educator HR
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 04:10 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 04:10 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15657 |
Actions (login required)
View Item |