Rismiaty, Rismiaty (2021) PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP EQUALITY PADA PESERTA DIDIK MA MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF
Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK Kesetaraan ialah pengakuan bahwa kedua belah pihak memiliki kepentingan, kedua belah pihak sama-sama bernilai dan berharga, dan saling memerlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap equality siswa menggunakan konseling kelompok teknik asertive training pada peserta didik di MA Muhammadiyah Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bersifat pre-eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. sample penelitian ini sebanyak 10 siswa yang memiliki sikap equality rendah, dan pengambilan subjek menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalaui penyebaran angket pre-test dan post test , wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan rata-rata skor sikap equality sebelum mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training adalah 43,1 dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training meningkat menjadi 78,2. Dari hasil uji-t dengan df = 18 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 2.596, dan diperoleh thitung = 7.058. Karena thitung > ttabel (7.058 > 2.596) Maka, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan sikap equality peserta didik di MA Muhammadiyah Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci : sikap equality, konseling kelompok dengan teknik assertive training
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 03:07 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 03:07 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15587 |
Actions (login required)
View Item |